Loading...

Kumbang Gunung Ijen, Penyumbang Devisa

16:38 WIB | Thursday, 12-April-2018 | Karantina | Penulis : Kontributor

Ada kumbang di  Gunung Ijen.  Uniknya,  Kumbang Prospocilus Ijengenesis  atau kumbang kwawung bisa menghasilkan devisa bagi negara.

 

 

 

Kumbang ini hanya ada di Gunung Ijen dan sering dijumpai pada hamparan tanaman tebu dan pisang. Dahulu kumbang ini dianggap sebagai hama yang tak berguna. Tapi sekarang kehadirannya sangat ditunggu masyarakat sekitar Gunung Ijen. Karena pesonanya mampu memikat masyarakat Jepang untuk menjadikan kumbang tersebut sebagai hiasan rumah.

 

 

 

Sejak Tahun 2002, setiap bulan kumbang tersebut  rutin diekspor  ke Jepang dan negara lainnya: seperti Taiwan, Korea, Malaysia,  Thailand,  Perancis,  Inggris dan Spanyol.

 

 

Pada 31 Maret 2018, petugas Karantina Surabaya wilker Bandara Udara Juanda melakukan pemeriksaan terhadap  4.361 ekor kumbang jantan dan 4.261 ekor kumbang betina senilai 169 Juta rupiah yang akan diekspor ke Jepang.

 

 

 

Menurut drh Dainuritus, “pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kesesuaian jumlah, nama, dan jenisnya, serta memastikan bahwa kumbang tersebut memenuhi persyaratan ekspor negara tujuan/Jepang”. Berdasar hasil pemeriksaan, kumbang-kumbang tersebut sesuai dan aman untuk diekspor sehingga health certificate dapat diterbitkan dan kumbang segera terbang ke Jepang. Herny

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162