Loading...

Mampu Meningkatkan Pendapatan Petani

21:56 WIB | Wednesday, 12-July-2017 | Komoditi, Pangan | Penulis : Indarto

Kementerian Pertanian berupaya mengoptimalkan penggunaan lahan tanaman perkebunan melalui kegiatan integrasi tanaman jagung dengan kelapa sawit, kelapa, dan karet. Pola tanam jagung yang terintegrasi dengan tanaman perkebunan ini sudah berjalan baik. Petanipun mendapat keuntungan dengan menerapkan pola ini.

 

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang mengemukakan, dari target 1 juta ha luasan areal kebun yang terintegrasi dengan tanaman jagung di tahun 2017 sampai pertengahan Juni 2017 telah ditanam seluas 460 ribu ha.

 

Menariknya, yang melaksanakan kegiatan integrasi tanaman jagung dengan sawit, karet dan kelapa adalah murni petani. “Hasilnya bagus. Produktivitas jagung yang ditanam di sela tanaman perkebunan mencapai 5-6 ton per ha. Kalau dilakukan pemupukan dengan baik hasilnya bisa lebih dari 6 ton per ha,” kata Bambang menjawab Sinar Tani.

 

Petani dan kelompok tani yang mengintegrasikan tanaman jagung di sejumlah area perkebunan karet yang sedang diremajakan seperti di Sumatera Selatan (Sumsel) sudah banyak yang menui hasil. Melalui pola tanam seperti ini, petani karet di Sumsel setiap 3 bulan bisa memanen jagung dengan nilai Rp 20 juta-Rp 25 juta per ha.

 

Pola tanam jagung di sela atau di area perkebunan, menurut Dirjen sangat menguntungkan bagi petani karet yang kebunnya sedang dilakukan peremajaan. Petani yang menerapkan pola tanam tumpang sari ini tak harus menunggu selama 4 tahun untuk mendapatkan hasil dari tanaman pokok.

 

“Menanam jagung di areal kebun memang agak spesifik. Beda dengan menanam jagung di tegalan seperti yang petani lakukan selama ini. Upaya menanam jagung di kebun sudah dirintis sejak tahun 1998,” jelasnya.

 

Memperhatikan perkembangan capaian target di lapangan, Bambang optimis, target 1 juta hektar area kebun yang diintegrasikan dengan tanaman jagung ini akan tercapai pada tahun 2017. Ini karena petani yang kebunnya diremajakan begitu antusias mengikuti program ini.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162