Loading...

Melalui Tiga Pilar, Penyuluh Pertanian Didorong Wujudkan Kawasan Sentra Produksi Komoditas

10:28 WIB | Tuesday, 22-November-2016 | Kabar Penas KTNA XV 2017, Suara Tani | Penulis : Ahmad Soim

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) didorong melalui program tiga pilar Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian agar bisa mewujudkan kawasan sentra produksi komoditas utama yang dikembangkan melalui Upaya Khusus (Upsus) Kementerian Pertanian.

 

Upsus komoditas yang digerakkan Kementerian Pertanian dalam tiga tahun berjalan, terus didorong untuk mewujudkan kawasan sentra produksi komoditas utama dalam satu wilayah kerja penyuluhan pertanian (WKPP) atau satu kecamatan. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu (GPPT) yang ditopang oleh tiga pilar pembangunan SDM pertanian.

 

Tiga pilar untuk membangun SDM Pertanian itu dikembangkan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan. “BPPSDMP memiliki 3 (tiga) pilar yaitu penyuluhan, pelatihan dan pendidikan, tiga pilar ini menjadi satu kesatuan dalam gerak maupun langkah mengawal program Kementan, yang dikenal sebagai Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu Melalui Penyuluhan, Pendidikan dan Pelatihan”, kata Kepala BPPSDM Pertanian, Pending Dadih Permana.

 

Dadih Permana menjelaskan pada tahun 2016 program BPPSDMP lebih diarahkan pada peningkatan penyuluhan, pendidikan dan pelatihan pertanian dengan fokus peningkatan efektifitas penyuluhan dalam mendukung pencapaian target pembangunan pertanian.

 

Arah kebijakan dan program aksi yang dilakukan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian untuk itu adalah : (1) Optimalisasi Peran Penyuluhan Dalam Pendampingan Program Swasembada Pangan di Tingkat BP3K dan WKPP; (2) Peningkatan Daya Saing dan Kinerja Balai Diklat serta Sertifikasi Profesi Pertanian; (3) Revitalisasi Pendidikan Pertanian (4) Pemantapan Pendidikan Menengah Pertanian; dan (5) Pemantapan Sistem Administrasi dan Manajemen yang Transparan dan Akuntabel.

 

“Penyuluhan adalah lokomotif yang dibackup oleh Pelatihan dan Pendidikan. Tugas-tugas fungsional melekat kepada penyuluh untuk mengawal seluruh instrumen program yang kemudian diimplementasikan kepada kawasan sentra produksi komoditas,” tambahnya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162