Loading...

MEMBANGKITKAN AGROPRENEUR MUDA

13:29 WIB | Tuesday, 14-March-2017 | Agri Wacana, Agri Wacana | Penulis : Kontributor

Oleh: Oeng Anwarudin - Dosen Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari

 

Mahasiswa Pascasarjana Program Doktor Penyuluhan Pembangunan IPB

 

Sensus BPS terakhir melaporkan pelaku pertanian kita didominasi generasi lanjut (87,13%) berbanding terbalik dengan generasi muda yang hanya 12,87%. Bahkan, membandingkan sensus 2003 dan 2013, pelaku pertanian kita secara nyata berkurang sekitar 15% dalam sepuluh tahun. Bila dibiarkan, pelaku pertanian kita akan semakin sedikit dan berbahaya bagi kelangsungan ketersediaan pangan.

 

Untuk itu, generasi penerus harus disiapkan yakni generasi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan belaka melainkan harus mampu mengangkat harkat dan martabat diri dan bangsanya di tengah kondisi persaingan global yang semakin tinggi dan tantangan yang sangat komplek. Dengan demikian, diperlukan antisipasi melalui langkah-langkah strategis dengan membangkitkan agropreneur muda sebagai generasi penerus pelaku pertanian yang memiliki jiwa wirausaha.

 

Agropreneur

 

Agropreneur muda dapat dimaknai sebagai generasi muda yang berwirausaha pada bidang pertanian. Agropreneur muda adalah generasi muda yang punya jiwa entrepreneur dan berani bergelut pada bidang pertanian. Entrepreneur sendiri sering dikemukakan sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya. Dengan demikian agropreneur muda harus memiliki jiwa entrepreneur, harus memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif serta imajinatif ketika ada sebuah peluang usaha dan bisnis baru.    

 

Tentu saja di tengah menurunnya lapangan usaha, menjadi seorang agropreneur memiliki banyak kelebihan. Agropreneur memiliki kesempatan mewujudkan cita-cita, menciptakan perubahan, mencapai target maksimal sesuai potensi yang dimiliki. Menjadi agropreneur dapat menjadi ladang aktualisasi untuk menuai keuntungan yang mengesankan, memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mendapatkan pengakuan sebagai seorang pengusaha. Menjadi agropreneur muda merupakan ikhtiar yang mulya karena dapat melakukan apa yang disukai dan dapat memanfaatkan hasilnya untuk kebaikan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162