Loading...

Membuat Perangkap Tikus Sederhana

11:55 WIB | Tuesday, 03-January-2017 | Non Komoditi, Tips & Santai | Penulis : Kontributor

Pemerintah  telah mencanangkan swasembada beras. Namun untuk menyukseskan program swasembada ini tentu banyak hambatan dan kendala yang ditemui di lapangan. Kendala yang sering adalah serangan hama tikus. Hewan pengerat ini merupakan hama yang sangat dominan menyerang tanaman padi.

 

Tikus menyerang tanaman padi pada malam hari disemua fase pertumbuhan tanaman padi, (baik dipersemaian, fase vegetatif, fase generatif maupun setelah padi disimpan di dalam lumbung atau gudang).

 

Untuk mengendalikan dan memberantas hama tikus, petani harus paham tentang perkembangbiakan tikus, tempat tinggal, dan paham saat tikus menyerang tanaman padi. Namun yang sangat penting adalah pengendalian yang ramah lingkungan, mudah, murah dapat dilakukan petani dan tidak berbahaya bagi makhluk hidup yang lain.

 

Salah satu cara pengendalian hama tikus adalah dengan cara membuat perangkap. Alat dan bahan yang digunakan antara lain ember Besar (boleh bekas kaleng cat yang besar ) sebaiknya berwarna hitam, botol minum bekas, benang jahitan karung, paku, minyak jelantah atau kepala ikan asin dan air.

 

Cara  membuatnya. Pertama, lubangi botol aqua bekas di bagian bawah botol dan di bagian tutup botol dengan paku. Kedua, masukan benang pada botol aqua yang telah dilubangi (pada bagian bawah botol sampai keluar dari lubang tutup botol). Ketiga, pastikan botol aqua dapat berputar dan tidak tersangkut pada ember atau benang. Keempat, ikatlah  ujung benang pada tepi kiri kanan ember.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162