Loading...

Membuat Singkong Gulung

10:05 WIB | Monday, 18-September-2017 | Non Komoditi, Tips & Santai | Penulis : Julianto

Ketela pohon, ubi kayu atau singkong selama ini menjadi bahan makanan pokok penghasil karbohidrat. Sedangkan daunnya diolah menjadi sayuran. Sayangnya, kini banyak masyarakat yang mulai meninggalkan singkong sebagai salah satu pangan pokok dan lebih tergantung pada beras untuk mengisi perut.

 

Padahal jika diselidiki lebih jauh. Manfaat singkong bagi kesehatan sangatlah banyak. Diantaranya:

 

1. Singkong adalah bahan makanan yang termasuk luwes yang dapat diolah menjadi berbagai jenis panganan. Secara tradisional, singkong biasanya dibuat gethuk, keripik singkong, dan tape singkong.

 

2. Singkong mengandung karbohidrat dan tinggi kalori. Volume 100 gram singkong dapat menghasilkan kalori sebesar 160 kalori. Bahkan menurut Nutrition and You, kalori pada singkong dua kali lipat dibanding kalori pada kentang.

 

3. Singkong diketahui banyak mengandung vitamin B kompleks dan kelompok vitamin lainnya seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat. Riboflavin ini berperan dalam tubuh dalam membantu pertumbuhan dan memproduksi sel darah merah. Cocok bagi yang sering mengalami kurang darah.

 

4. Mineral-mineral yang sangat penting bagi tubuh ternyata juga banyak terdapat pada singkong. Di antaranya seng, magnesium, tembaga, dan besi. Jumlah kalium pada singkong ternyata cukup tinggi untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Kalium sangat baik untuk mencegah darah tinggi.

 

5. Singkong ternyata lebih baik dibanding dengan nasi. Sebab, singkong memiliki sifat anti kanker, anti tumor dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, singkong jauh lebih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes daripada nasi putih.

 

6. Singkong dapat membantu untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. Misalnya, sakit kepala, rematik, diare, cacingan pada anak, dan dapat meningkatkan stamina yang loyo karena kandungan kalorinya.

 

7. Singkong merupakan makanan rendah lemak, dan rendah kolesterol. Cocok sebagai menu yang dimasukkan ke dalam program diet rendah lemak Anda.

 

Berikut terdapat resep unik berbahan dasar singkong yang dapat menambah variasi makanan sehari-hari.

 

Bahan: 500 gram singkong, kukus dan haluskan, 1 sdm margarin, 1/4 sdt garam, 1 batang seledri, cincang halus. Bahan lainnya, 1 buah cabai merah besar, buang bijinya, cincang halus, 4 buah sosis ayam/sapi, 50 gram keju parut untuk taburan.

 

Cara membuat, pertama kali campur singkong, margarin, garam, seledri, dan cabai merah besar. Aduk rata. Kemudian, ambil 2 sdm adonan, pipihkan. Beri sosis di tengahnya, gulung. Lalu, letakkan di atas loyang, beri taburan keju di atasnya. Kemudian, panggang dengan suhu 180 derajat Celcius selama 25 menit hingga matang. Angkat dan sajikan. Selamat mencoba. Yul

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162