Loading...

Memperkuat BPP sebagai Basis Penyuluhan

15:47 WIB | Tuesday, 07-November-2017 | Nusantara | Penulis : Gesha

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah jitu untuk dapat memperkuat Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai basis penyuluhan tingkat kecamatan dan pos simpul koordinasi pembanguna pertanian.

 

Data Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan menyebutkan, saat ini ada sekitar 5600 Balai Penyuluhan Pertanian yang tersebar di kecamatan seluruh Indonesia. 

 

Meskipun terjadi penyesuaian melalui Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) pemerintahan di daerah sesuai dengan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, kedudukan BPP di tingkat kecamatan tidak akan berubah fungsi sebagai lembaga fungsional.

 

“BPP akan tetap melaksanakan tugas dan fungsi penyuluhan pertanian. Diharapkan BPP juga menjadi pos simpul koordinasi posko pembangunan pertanian tingkat kecamatan," tegas Kepala BPPSDMP Kementan, Momon Rusmono saat membuka diklat leadership bagi Kepala BPP Provinsi Kalimantan Barat di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Bogor, Senin (6/11).

 

Ada beberapa strategi yang menurut Momon, akan diterapkan untuk memperkuat BPP tersebut mulai dari dukungan dana, peningkatan peran operasional hingga dukungan sumberdaya manusia. 

 

"Kita perkuat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bisa dipergunakan untuk peningkatan sarana prasarana BPP. Untuk tahun 2018, dibantu sebanyak 400 BPP masing-masing dengan anggaran Rp 500 juta," papar Momon.

 

BPP pun akan ditingkatkan peran operasionalnya sebagai sumber data pertanian tingkat kecamatan sehingga bagi stakeholder yang membutuhkan data pertanian daerah bisa langsung berkontak. "Kita sudah siapkan anggarannya melalui Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian," tuturnya.

 

Peningkatan kompetensi bagi penyuluh pertanian pun diharapkan bisa dilakukan oleh BPP sendiri, setidaknya memfasilitasi latihan dua mingguan melalui pelatihan LaKu (Latihan Kunjungan). "Kepala BPP pun melakukan monitoring dan evaluasi di masing-masing wilayah kerja penyuluh pertanian," papar Momon. Gsh/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162