Loading...

Mendongkrak Produksi Kakao Indonesia Agar Mendunia

12:52 WIB | Monday, 17-October-2016 | Komoditi, Kebun | Penulis : Kontributor

Produktivitas kakao Indonesia masih mengalami kendala teknis. Gerakan Nasional Kakao (Gernas Kakao) yang dikembangkan pemerintah mampu mendongkrak produktivitasnya hingga dua kali lipat lebih. Namun produktivitas yang tinggi perlu diimbangi dengan peningkatan mutu kakao Indonesia agar lebih mendunia.

 

Memang tidak dipungkiri, bahwa rata-rata produktivitas kakao Indonesia masih di bawah 1 ton per ha per tahun. Pada tahun 2014 misalnya, angka rata-rata produktivitasnya hanya mencapai 803 kg per ha per tahun. Padahal potensi produktivitasnya bisa mencapai 2 ton.

 

Gerakan Nasional Kakao (Gernas Kakao) pun dikembangkan pemerintah untuk meningkatkan produksi dan mutu kakao Indonesia. Sayangnya, belum semua kebun kakao mendapatkan program ini. “Total luas lahan kakao kita ada 1,7 juta ha dan waktu itu yang mendapatkan Gernas Kakao sekitar 25% dari total luas lahan perkebunan kakao,” kata Direktur Jenderal Perkebunan, Ir. Bambang MM.

 

Meski demikian menurut Bambang, dampak program Gernas Kakao sangat luar biasa bagi perkebunan kakao rakyat. Dari yang tadinya hanya menghasilkan produktivitas 400 kg per ha, sekarang menjadi 800 kg per ha. Bahkan ada yang mencapai hingga 3 ton per ha. “Dengan adanya Gernas yang kemarin, lambat-laun produktivitasnya mulai meningkat. Gerakan ini cukup memberikan efek yang sangat besar bagi petaninya,” jelas Bambang.

 

Petani kakao asal Kabupaten Poliwali Mandar (Sulawesi Barat), Burhanuddin mengatakan, Program Gernas Kakao membuat petani tersenyum kembali. Akses saprotan lancar, produksi meningkat, hingga mutunya pun menjadi lebih baik. Dia menceritakan bahwa dulu sebelum ada Gernas, produksinya hanya 400 kg per ha, tetapi setelah ada Gernas meningkat menjadi 1 ton per ha. “Saya senang program Gernas Kakao dilanjutkan. Walaupun tidak ada, pendampingan dari pemerintah (penyuluhan) sangat kami butuhkan karena sangat berguna sekali.”

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162