Loading...

Menduniakan Buah-buahan Nusantara

15:31 WIB | Thursday, 15-December-2016 | Editorial, Mentan Menyapa | Penulis : Kontributor

Alhamdulillah, negara kita adalah negara besar dengan sumberdaya alam dan sumber daya manusia potensial untuk dapat membangun industri buah nusantarayang go global. Kita termasuk 20 negara di dunia yang produksi buah-buah lokal, buah-buah nusantaranya mendominasi perdagangan dunia.Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki produk buah unggulan untuk menembus pasar ekspor.Sebut saja durian, mangga, dukuh, manggis, salak, hingga pisang. 

 

Namun itu jelas belum cukup.Visi kita ke depan sangat jelas yaitu untuk memenuhi kebutuhan konsumsi buah nasional secara mandiri, tidak bergantung pada impor dan untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen dan eksportir terbesar buah-buahan tropis di Asia Tenggara pada tahun 2025 dan dunia pada tahun 2045. Dimulai dari secara konsisten dan terus menerus memproduksi dan menyediakan produk buah nusantara yang berkualitas tinggi, memiliki nilai tambah dan kompetitif untuk pasar domestik dan internasional.

 

Untuk itu salah satu yang terus kita lakukan saat ini adalah mengeksplorasi kekayaan buah nusantara dan mempromosikan potensi ekspor mancanegara.Selain memang kita akan memperluas areal atau lahan pertanaman untuk buah juga termasuk di dalamnya mengevaluasi kalau ada peraturan-peraturan yang menghambat. Terutama dalam hal ini adalah pola pikir petani kita bahwa sudah saatnya kita fokus pada bagaimana menjual atau berdagang buah ke negara-negara lain.

 

Oleh karena itu hal yang menjadi perhatian kita adalah terkait penanganan pasca panen yang harus memiliki standar yang jelas, baik saat memotong, baik saat menyeleksi kualitas, baik dalam mempersiapkan packaging kemasan yang baik.Dan ini jelas dibutuhkan pelatihan-pelatihan agar petani-petani, pengirim-pengirim, penjual-penjual, sampai masuk ke pembeli ini betul- betul dipersiapkan dengan baik.Seperti pesan kepada saya dari Presiden agar buah lokal nusantara di-manage baik.

 

Berdasarkan data, produksi lima buah utama Indonesia yaitu pisang, jeruk, mangga, nenas dan durian pada tahun 2015 meningkat 4,72 persen dibandingkan tahun sebelumnya.Sementara, nilai ekspor buah segar Indonesia juga bertumbuh dari 28,9 juta dolar AS pada tahun 2014 menjadi 37,7 juta dolar AS di tahun berikutnya.Tahun 2015 ekspor kita naik 34 persen (dari keseluruhan jenis buah).Impor kita turun 13 persen.2016 ini kita harap bisa naik.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162