Loading...

Menyulap Singkong Jadi Brownies dan Wingko

14:26 WIB | Monday, 11-September-2017 | Tips & Santai, Non Komoditi | Penulis : Julianto

Potensi sumberdaya pangan lokal di Indonesia sangatlah besar. Karena itu seharusnya masyarakat tak perlu tergantung dengan beras sebagai pangan pokok. Begitu juga pangan lokal yang bisa diolah menjadi tepung, sehingga masyarakat juga tidak harus tergantung dari tepung terigu untuk membuat produk pangan olahan.

 

Brownies

 

Salah satu potensi pangan lokal yang sangat besar adalah singkong (ubi kayu). Dari pangan lokal tersebut bisa diolah menjadi brownies. Bagaimana cara membuatnya? Untuk bahannya, sediakan ubi kayu parut sebanyak 300 gram, gula halus 200 gram, margarin 200 gram, cokelat masak 100 gram, cokelat bubuk 20 gram, susu bubuk 2 sendok makan, dan telur 4 butir.

 

Cara pengolahannya juga relatif mudah. Pertama-tama, ubi kayu yang telah diparut, diperas hingga keset. Kedua, gula dan 150 gram margarin dimixer sampai mengembang, kemudian masukkan telur satu persatu. Langkah ketiga, tambahkan ubi kayu parut tersebut dengan cokelat bubuk. Lalu aduk-aduk sampai rata kemudian tambahkan cokelat masak yang telah dicairkan bersama 50 gram margarin.

 

Langkah selanjutnya adalah tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan diberi taburan terigu. Lalu kukus selama 40 menit.

 

Wingko

 

Selain mengolah menjadi brownies, sahabat Sinar Tani juga bisa membuat wingko dari bahan ubi kayu. Bahan-bahan yang diperlukan adalah ubi kayu parut sebanyak 1 kg, tepung ketan 200 gram, telur untuk oles 1 butir, kelapa muda parut 1 butir, gula pasir 300 gram, margarin (dicairkan) 100 gram, vanili dan garam secukupnya.

 

Untuk membuatnya, campurkan semua bahan. Lalu cetak di atas loyang dengan tinggi maksimal 5 cm. Kemudian oven pada suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 40 menit. Langah selanjutnya, keluarkan dari oven dan olesi dengan kocokan telur. Kemudian masukkan ke dalam oven lagi selama 5 menit sampai warnanya kecokelatan. Tunggu sampai dingin, lalu iris sesuai selera.  Selamat mencoba. Yul

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162