Loading...

Motivasi Mentan Bagi Mahasiswa Jember Untuk Pertanian Modern

12:56 WIB | Friday, 25-May-2018 | Nusantara | Penulis : Indarto

Menteri pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman setelah mengimplementasikan program bedah kemiskinan rakyat sejahtera (Bekerja) di Kabupaten Bondowoso dan Jember, Jawa Timur (Jatim) juga menyempatkan diri memberikan kuliah umum di Universitas Jember, (23/5). Kedatangan Menten ke Universitas Jember tak lain adalah untuk memberi motivasi kepada mahasiswa untuk terjun di dunia pertanian.

 " Masalah pertanian juga penting disampaikan ke mahasiswa. Sebab, merekalah generasi muda. Mereka kami beri motivasi agar optimis menekuni bidang pertanian," jelas Amran.

 

Amran juga mengatakan, mahasiswa supaya mau bertani dan turun ke sawah untuk bertani secara modern (mekanisasi,red). Dengan alsintan inilah para mahasiswa digugah untuk terjun di bidang pertanian. "Akhirnya banyak mahasiswa yang tertarik," ujarnya.

 

Menurut Amran, tumpuan negara ini yang paling utama adalah ketersediaan pangan untuk rakyat. Artinya, kalau sektor pertanian berhasil, kemiskinan di desa-desa bisa ditekan. "Untuk itu hadirnya mahasiswa di tengah masyarakat/petani sangatlah penting," kata Amran.

 

Ia juga mengatakan, dalam memperkokoh ketahanan pangan Kementan sudah membuat peta jalan sampai tahun 2045. "Karena itu mulai dari sekarang kami siapkan kebutuhan pangan untuk 500 juta- 1 miliar ke depan dengan mengoptimalan sumber daya alam yang ada," papar Amran.

 

Salah satunya yang akan dioptimalkan adalah memamfaatkan tanah tadah hujan dan lahan pasang surut yang luasnya 10 juta ha. "Kalau lahan tadah hujan dan pasang surut dioptimalkan akan terjadi peningkatan produksi pertanian 3 kali lipat. Lahan-lahan tersebut sangat potensial untuk ditanami padi," demikian Amran. (idt)

 

 

 

 

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162