Loading...

Optimalkan Penyuluh Swadaya

14:37 WIB | Tuesday, 24-December-2013 | Opini, Agri Wacana | Penulis : Nuraini Ekasari sinaga

Kepala Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian, Winny Dian Wibawa

 

Setelah menunggu hampir dua tahun lebih, posisi Kepala Badan Penyuluhan dan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP) akhirnya terisi. Teka-teki siapa yang bakal menempati posisi tersebut terjawab pada 16 Desember lalu.

 

Winny Dian Wibawa yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pertanian mendapat amanah menduduki posisi Kepala Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian. Berikut ini wawancara singkat dengan adik kandung Boyke Dian Nugraha, pakar seksologi itu.

 

Dalam jangka pendek apa yang Anda lihat untuk segera diperbaiki, khususnya di bidang penyuluhan dan SDM pertanian?

 

Keterbatasan penyuluhan pertanian yang saya lihat harus mendapat perhatian utama. Sekarang ini yang terjadi laju penurunan jumlah penyuluhan karena pensiun lebih tinggi dibandingkan laju penambahan. Karena itu ke depan kita tidak boleh tergantung penyuluh PNS. Apalagi perekrutan penyuluh PNS dari Tenaga Harian Lepas sangat kecil. Jadi alternatifnya adalah penyuluh swadaya.

 

Apakah bisa menjadi jaminan penyuluh swadaya dapat membantu menggerakkan pembangunan pertanian?

 

Untuk itu langkah kita adalah melakukan sertifikasi penyuluh swadaya. Hal ini  guna menunjang profesionalitas penyuluh swadaya. Dengan sertifikasi tersebut akan mengurangi gap keahlian antara penyuluh PNS dan swadaya. Penyuluh swadaya tersebut akan kita rekrut dari petani di sekitar lokasi yang mempunyai keahlian lebih dibandingkan petani lainnya.

 

Sejauh mana upaya meningkatkan kapasitas penyuluh swadaya tersebut?

 

Tahun ini kita sudah siapkan anggaran untuk pelatihan dan pemberian sertifikasi penyuluh swadaya sebanyak 600 petani. Pada tahun depan direncanakan akan ada 700 petani lagi yang diharapkan mendapat sertifikasi.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Editor : Julianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162