Loading...

P3A Mitra Cai Guna Karya Sukabumi, Wasit bagi Petani dalam Pemanfaatan Air Irigasi

11:45 WIB | Monday, 20-March-2017 | Non Komoditi, Sarana & Prasarana | Penulis : Gesha

Konflik pemanfaatan air kerap terjadi di kalangan petani untuk mengairi sawah. Semua itu tidak lepas karena air memang menjadi faktor utama dalam usaha tani. Kasus rebutan penggunaan air antar petani juga terjadi di Kelurahan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

 

Pertentangan petani tersebut membuat Ali Sadikin, petani di wilayah itu gusar. Tak ingin konflik antar petani terus berlanjut, dia lalu membentuk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Guna Karya pada tahun 2009. P3A terlibat langsung dalam pengelolaan pipanisasi irigasi tersier dari Sungai Cikolawing yang membelah Kelurahan Cibadak.

 

“Kita di sini mengelola Daerah Irigasi Cikolawing II. Aliran irigasinya sendiri berasal Bendung Cikolawing yang sudah ada sejak zaman Belanda yang ada di Kecamatan Nagrak dan berbatasan langsung dengan wilayah Perhutani Gunung Gede Barat,” tutur Ali Sadikin ketika ditemui Tabloid Sinar Tani.

 

Daerah Irigasi Cikolawing II dan bendungannya tersebut sudah dibangun sejak kolonial Belanda dan awalnya dirancang teknis untuk budidaya padi. Tapi, penggunaan air irigasi kini telah berkembang juga untuk kebutuhan kolam air deras, sehingga menimbulkan konflik kepentingan di tingkat lapangan. Apalagi produksi beras dan ikan semua sama penting dan utama bagi daerah, sehingga tidak ada yang dapat dinomorduakan.

 

“Karenanya, pola pengelolaan air yang lama dengan instrumennya tidak mampu mengimbangi perkembangan yang ada di lapangan. Sebagai akibatnya terjadi konflik kepentingan di lapangan antara para pihak pemakai air,” tutur Ali.

 

Ali menambahkan, jaringan irigasi sekunder dan primer memang telah diupayakan pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum daerah. Namun perawatan jaringan irigasi membutuhkan partisipasi masyarakat pengguna, khususnya P3A yang bekerjasama dengan Pengamat/UPT Pengairan setempat.

 

“Semua tindakan operasional pendistribusian air dan pemeliharaan jaringan irigasi kita tangani. Tetapi tanpa mengurangi batas kewenangan pengamat pengairan,” tutur Ali.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162