Loading...

Padi Biotama, Tahan Penggerek Batang Kuning

15:44 WIB | Monday, 25-September-2017 | Teknologi, Iptek | Penulis : Gesha

Meski tidak termasuk hama  strategis, penggerek batang kuning masih tetap saja ditakuti petani padi. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  sudahsiap merilis varietas unggul padi bioteknologi  “Biotama” yang tahan terhadap serangan penggerek batang kuning

 

Seperti yang diungkapkan oleh Peneliti Laboratorium Genomik dan Perbaikan Mutu Tanaman LIPI, Ami Estiati. hingga sekarang memang belum ada varietas unggul yang tahan akan penggerek batang kuning.

 

"Karenanya, kita lakukan rekayasa genetika , menggunakan  gunakan gen Cry dari Bakteri bacillus thuringiensis. Bakteri ini menghasilkan toksin yang bisa membunuh serangga. Kita masukkan gen tersebut dengan background padi Rojolele," paparnya.

 

Dipilihnya Rojolele lebih karena beras yang dihasilkan sangat disukai oleh konsumen. "Kita sisipkan gennya dan kini hasilnya sudah masuk generasi ke 7. Hasilnya sangat memuaskan karena padi rojolele non transgen tidak tahan sedangkan yang transgenik lebih tahan ketika dilakukan uji lapang," paparnya.

 

Calon galur yang sementara diberi nama Biotama ini tengah proses pendaftaran varietas pada Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Kementerian Pertanian. Sejalan dengan pendaftaran varietas, LIPI juga tengah berusaha mendapatkan izin tanaman hasil Produk Rekayasa Genetik (PRG) dengan serangkaian uji coba mulai dari uji lingkungan, uji aman pangan dan aman pakan.

 

"Uji  tersebut sudah dilakukan di empat lokasi yaitu di Sukamandi (Subang), Kebun Percobaan BB Padi di Muara Bogor, Kebun Percobaan di Pusakanagara, dan Kebun Percobaan di Kuningan," tuturnya.

 

Hasil dari uji tersebut, tanaman transgenik Biotama ini tidak memberikan dampak buruk bagi serangga non target (serangga selain ngengat kuning). Produktivitas dari calon varietas unggul ini pun lebih tinggi dibandingkan varietas Rojolele yang hanya 4,2 ton/ha. Gsh/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162