Loading...

Panen Bawang Putih Melimpah, Petani Kesulitan Memasarkan

09:46 WIB | Thursday, 08-June-2017 | Nusantara | Penulis : Kontributor

Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur berpotensi sebagai sentra produksi bawang putih karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Rinjani. Tetapi sayang, petani kesulitan dalam memasarkan hasil panennya.

 

Kepala Dinas Pertanian Kab. Lombok Timur Ir. Zaini pada acara Temu Lapang Perbenihan Bawang Putih Varietas Sangga Sembalun di Kelompok Tani Putra Mangku Bumi Desa Timba Gading Kecamatan Sembalun menekankan bahwa pihaknya tidak ingin petani banyak menanam tapi hasilnya tidak bisa dipasarkan. Sehingga perlu dilakukan langkah-langkah secara konkrit untuk mengatasi masalah yang dihadapi petani tersebut.

 

Berbagai komoditi hortikultura yang dihasilkan di daerah sembalun seperti bawang putih, bawang merah, kentang, strawberry, buah dan sayur lainnya. Pemasarannya masih di sekitar kabupaten, hanya pada saat musin tertentu saja bisa dipasarkan ke luar kabupaten di NTB seperti musim strawberry.

 

Untuk potensi lahan sendiri menurut Zaini, sangat mendukung untuk menghasilkan komoditi berkualitas tinggi hanya memang perlu didukung oleh pihak terkait baik pemerintah pusat/daerah maupun pihak swasta lainnya.

 

“Untuk kualitas produk pertanian, Lombok Timur sangat bagus, sayang kalau pemasarannya tidak mendukung,” tuturnya.

 

Dari keseluruhan wilayah yang ada kabupaten lombok timur, kawasan sembalun merupakan menjadi daerah yang paling baik hasil pertaniannya. Khususnya untuk bawang putih, Kecamatan Sembalun diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar nasional. Apalagi sebelumnya bawang putih sembalun sudah cukup dikenal secara nasional dengan ciri aroma khasnya yang kuat. Syamsul Riyadi/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162