Loading...

Para Penyuluh Pertanian Pameran Hasil Penelitian dan Sekolah Lapangan

06:53 WIB | Thursday, 09-November-2017 | Nasional | Penulis : Ahmad Soim

 

 

Berbagai hasil Research Extension Lingkage (REL) dan Sekolah  Lapangan (SL) dipamerkan para penyuluh dari berbagai wilayah Indonesia di Surabaya. Mereka menunjukkan berbagai hasil penelitian penerapan teknologi terkini di tingkat lapangan yang memberikan produksi dan pendapatan tertinggi bagi  petani di wilayahnya masing-masing.

 

 

 

“Dalam pameran ini mereka menunjukkan hasil kerja mereka di lapangan,” kata I Wayan Ediana Kepala Bidang Program dan Evaluasi Penyuluhan Kementan pada “Konsolidasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian melalui Dana Dekonsentrasi Tahun 2017 di Surabaya (8/11).

 

Wayan menjelaskan melalui dana dekonsentrasi Kementerian Pertanian telah mengalokasikan anggaran buat Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di tiap kecamatan untuk membuat REl dan SL guna meningkatkan produksi 11 komoditas prioritas nasional dan melakukan regenerasi petani dengan petani-petani muda.

 

Setiap BPP telah ditentukan kelasnya dan diberikan target peningkatan produksi pangan, target peningkatkan kelas kelompok tani dan peningkatan jumlah pemuda tani. Pada tahun 2017, terdapat 816 BPP dan  sebanyak 4.012 Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP) yang mendapatkan dana dekonsentrasi untuk melaksanakan SL. Sebagian BPP ini dipilh untuk melaksanakan REL.

 

Kepada mereka juga diberikan target untuk meningkatkan kemitraan kelembagaan ekonomi petani dengan pihak lain. Kepala Bidang Penyelenggaraan Penyuluhan Zahron Helmy menambahkan Kementerian Pertanian berharap seluruh dinas pertanian di Indonesia membuat Tim di tingkat kecamatan untuk mewujudkan agar kelembagaan ekonomi petani menjadi korporasi atau Badan Usaha Milik Petani (BUMP) berbadan hukum.

 

Dalam kesempatan evaluasi ini Weli Nugraha dari Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluhan mengatakan dari 6.058THL TBPP yang sudah lulus menjadin PPL PNS sudah ada 5.995 orang yang sudah mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP). Selebihnya masih ada yang melengkapi administrasinya.    

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162