Loading...

Pemkab Blora Ajak IPB Bantu Optimalkan Potensi Pertanian

11:01 WIB | Tuesday, 14-November-2017 | Nasional | Penulis : Kontributor

Pemerintah Kabupaten Blora mengajak Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk membantu mengoptimalkan potensi pertanian yang hingga kini belum tergarap maksimal. Kesepakatan itu setelah adanya penandatangan Nota Kesepahaman antara Bupati Kabupaten Blora, Djoko Nugroho dengan Sekretaris IPB, Ibnul Qayim

 

Djoko mewakili masyarakat Kabupaten Blora mengucapkan terima kasih kepada pimpinan IPB yang diwakilkan Sekretaris IPB, Ibnul Qayim. Menurutnya MoU ini merupakan sebuah harapan untuk Kabupaten Blora.

 

“Ini satu langkah, satu kesempatan lagi peluang Blora bisa maju ke depan,” kata Djoko saat Seminar Nasional Menuju Agribisnis Indonesia yang Inklusif, Berkelanjutan dan Berdaya Saing, di IPB International Convention Center (ICC), Bogor.

 

Djoko menuturkan, IPB tepat sasaran dalam memilih Kabupaten Blora untuk bekerjasama. Pasalnya, Kabupaten Blora memiliki potensi yang sangat luar biasa dalam sektor pertanian dan peternakan. Wilayah di Kabupaten Blora hampir setengahnya merupakan hutan jati dengan luas wilayah 150 ribu ha.

 

“Potensi jagung kita nomor dua di Jawa Tengah, setelah Grobogan. Padi juga luar biasa meningkat 2 sampai 3 tahun ini dan akomoditi-akomoditi yang lain. Sapi daging kita terbesar di Indonesia,” tuturnya.

 

Namun, Bupati Blora menyayangkan dengan posisi Kabupaten Blora yang berada tidak dalam jalur ekonomi potensial, membuat potensi tanaman hijau yang luar biasa di Kabupaten Blora tidak bernilai. Salah satu kendala utama adalah rendahnya harga akibat buruk.

 

Karena itu Djoko berharap dengan adanya kerjasama ini potensi di Kabupaten Blora dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Ia bertekad 2-3 tahun mendatang bisa membangun kawasan jalur hutan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Blora. “Saya meminta kepada IPB agar mahasiswa dapat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Blora guna mengembangkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada,” ujarnya. Yolanda/Yul

 

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162