Loading...

Klaster Peternakan Dapatkan Spotlight di Ajang Penas Petani Nelayan XV Aceh

08:46 WIB | Friday, 05-May-2017 | Ternak, Komoditi | Penulis : Gesha

Setiap pelaksanaan Penas di berbagai daerah terdapat beberapa sub sektor yang mendapatkan panggung utama (spotlight).

 

Khusus untuk Penas KTNA XV di Provinsi Aceh sekarang, nampaknya subsektor Peternakan mendapatkan spotlight tersebut.

 

Hal ini terlihat dari antusiasme dan kesiapan klaster Peternakan dalam menyambut perayaan akbar. Di arena Gelar Teknologi (Geltek) nantinya akan ditampilkan Gebyar Siwab (Sapi Indukan Wajib Bunting) yang menjadi program utama dalam peningkatan populasi sapi di masa datang. 

 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Aceh, Zulyazaini menuturkan Provinsi Aceh menjadi salah satu daerah yang mempunyai populasi ternak terbanyak di Indonesia. Uniknya, peternakan di Aceh telah menyatu dalam kehidupan budaya masyarakat pedesaan secara turun temurun sehingga peternakan menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat.

 

Akan ada aneka ragam sapi mulai dari sapi Simental, Limousine, Brahman dan tak ketinggalan juga sapi lokal kebanggaan masyarakat Tanah Rencong, Sapi Aceh.

 

Adanya kontes sapi dan kerbau juga direncanakan turut memeriahkan Klaster Peternakan yang nantinya akan dikunjungi Presiden Joko Widodo.

 

Hewan ternak kecil seperti kambing unggulan berjenis Kambing Boerka juga diikutkan dalam klaster Peternakan. Menariknya, pengunjung bisa bercengkrama dengan Sentini, kambing ajaib nan penurut dari Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih. gsh

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162