Loading...

Pengembangan Sapi Belgian Blue, Perhatikan Aspek Ini

17:40 WIB | Sunday, 11-March-2018 | Ternak, Komoditi | Penulis : Gesha

 

 

Sapi jenis Belgian Blue (BB) kini menjadi salah satu harapan untuk meningkatkan produksi daging di dalam negeri. Namun jika ingin berternak sapi yang berdarah asing ini, harus memperhatian beberapa aspek.

 

 

 

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Sugiono saat meninjau Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Sabtu (10/3) mengakui, ada beberapa kelemahan dalam pengembangan sapi BB yakni sering terjadi kesulitan melahirkan, sehingga memerlukan tindakan SC (section caesarea) pada anak hasil transfer embrio (TE).

 

Dengan kelemahan itu, menurut Sugiono, memerlukan menajemen pemeliharaan dan pakan untuk mendukung metabolisme tubuhnya agar pertumbuhan otot dapat berkembang secara normal. Karena itu, ada beberapa aspek lain yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kesuksesan pengembangan sapi BB.

 

Pertama, pengetahuan dan skill dalam memelihara. Kedua, metode pemeliharaan dan penanganan pedet yang baru lahir sampai berumur enam bulan. Ketiga, kondisi temperature dan suhu di Indonesia yang cenderung lebih panas dibandingkan lingkungan aslinya.

 

Untuk itu dalam pengembangan sapi BB, Kementerian Pertanian telah membentuk Pokja dan Tim Pakar Pendamping, serta melibatkan perguruan tinggi (IPB dan UGM).  Sedangkan untuk menjaga kemurnian sapi BB, BET Cipelang sendiri sudah melakukan pelatihan transfer embrio kepada petugas sebanyak 30 orang di UPT terkait, pengadaan embrio sapi BB 900 dosis hingga pelatihan caesare untuk anak hasil transfer embrio. 

 

Sampai Maret 2018, BET sudah berhasil melakukan TE sebanyak 372 embrio. Dari jumlah tersebut dilahirkan sebanyak 20 ekor sapi hasil IB dari persilangan dengan Simental, Limousin dan FH serta hasil transfer embrio sebanyak 3 ekor. "Saat ini, yang bunting dari hasil TE ada 10 ekor dan IB sebanyak 36 ekor," kataKepala Embrio Ternak, Oloan Parlindungan. Gsh

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162