Loading...

Peran Strategis Penyuluh Pertanian

14:09 WIB | Wednesday, 06-December-2017 | Nusantara | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Untuk mewujudkan Swasembada Pangan Berkelanjutan Menuju Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045, menurut Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Justan Riduan Siahaan dibutuhkan perjuangan yang sungguh-sungguh dari berbagai pihak termasuk seluruh penyuluh pertanian.

 

Penyuluh pertanian sebagai pelaksana teknis fungsional dan ujung tombak pembangunan pertanian memiliki peran sangat strategis dalam mendampingi dan membantu para petani menjalani proses pembelajaran dan mengorganisasikan petani dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumberdaya lainnya.

 

Dengan begitu, pemberdayaan dan penguatan peran penyuluh pertanian sangat diperlukan mengingat tugas penyuluh kedepan tidak semakin ringan. “Penyuluh dituntut mampu sebagai inisiator, fasilitator, motivator, penghubung dan inovator dalam pembangunan pertanian,” kata Justan pada kegiatan Pembinaan Integritas Program dan Layanan Pertanian Melalui PROTANI di Provinsi Lampung.

 

Justan berharap, kegiatan PROTANI ini mampu mengokohkan integritas dan memberikan semangat baru bagi para penyuluh pertanian, khususnya di wilayah Lampung agar mampu berperan aktif serta berkontribusi nyata dalam pembangunan pertanian. Penyuluh diharapkan dapat mendukung terlaksananya kebijakan pertanian serta terwujudnya program swasembada pangan berkelanjutan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani.

 

Selain itu, kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai arah kebijakan, program dan layanan pertanian bagi para pimpinan, penyuluh dan masyarakat, sehingga tercipta pemahaman yang sama, harmonisasi dan sinergitas dari pusat sampai daerah.Tia/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162