Loading...

Perhatian Kementan akan Produk Organik

14:42 WIB | Friday, 03-February-2017 | Editorial, Mentan Menyapa | Penulis : Kontributor

Perlu diketahui bahwa Kementerian Pertanian memfasilitasi petani organik untuk mendapatkan sertifikasi hasil produksi sehingga bisa menjual hasil pertanian secara luas. Sertifikasi tersebut untuk membantu petani mendapatkan kepercayaan publik. Melalui produk-produk yang telah disertifikasi, maka diharapkan konsumen akan percaya dan yakin, bila produk yang dijual adalah produk organik.

 

Label sertifikasi tersebut dibedakan menjadi tiga, yaitu prima tiga, yang berarti produk pertanian tersebut aman dikonsumi, kemudian prima dua, berarti selain aman, produk tersebut juga ramah lingkungan dan terakhir prima tiga, selain aman dan ramah lingkungan, pengelolaan produk tersebut juga memperhatikan keselamatan kerja dengan melaksanakan undang-undang ketenagakerjaan.

 

Melalui sertifikasi tersebut, petani lebih mudah untuk memasarkan hasil produksi dengan kualitas yang lebih baik. Untuk mendapatkan sertifikasi pertanian ini, seluruh produk petani benar-benar dikendalikan melalui pemeriksaan secara rutin, mulai harus terbebas dari pupuk kimia, hingga persyaratan lainnya yang cukup ketat.

 

Produk-produk yang telah tersertifikasi tersebut, selain bisa meningkatkan kualitas, juga menjadi nilai tambah bagi petani. Seperti beras organik, dijual sekitar Rp 20 ribu per kilogram, lebih mahal dibanding dengan beras nonorganik yang hanya berkisar antara Rp12 ribu hingga Rp15 ribu per kilogram.

 

Untuk itu, saya juga mengingatkan agar masyarakat lebih sadar pangan yang aman dan bermutu dengan membeli produk-produk pangan segar yang didalam kemasaannya telah tertera Kode Registrasi maupun Logo keamanan Pangan PRIMA 1, PRIMA 2, PRIMA 3 dan Logo Organik Indonesia

 

Kementerian Pertanian mengembangkan sektor pertanian yang akan dikembangkan di daerah perbatasan yaitu jenis pangan organik. Hal ini dilakukan, karena jenis pangan organik diminati negara lain dan juga memiliki nilai jual yang lebih tinggi jika dibandingkan jenis pertanian biasa.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162