Loading...

Pertanian Tahun 2016

11:42 WIB | Monday, 19-December-2016 | Agri Wacana, Kolom | Penulis : Kontributor

Tahun 2016 ditutup dengan sejumlah peristiwa dramatis, menghebohkan namun juga mengharukan. Selain peristiwa demonstrasi fenomenal 411 dan 212 yang menggugat dugaan penistaan agama oleh Ahok, tahun ini juga masih diwarnai isu tentang korupsi, teror dan tindak kekerasan.

 

Tahun ini juga diwarnai dengan bencana banjir di beberapa daerah dan gempa besar di Aceh yang baru saja terjadi. Siklus iklim yang ‘kacau’ sebagai dampak el nino dan pemanasan global juga mewarnai hampir seluruh pelosok negeri ini. Sepanjang tahun seolah selalu turun hujan, karena matahari enggan bersinar terang.

 

Namun tahun ini juga dipenuhi dengan sejumlah pencapaian yang menggugah optimisme masyarakat. Kondisi ekonomi relatif stabil dan bebas gejolak, tax amnesty yang dinilai sebagai gebrakan yang sukses juga telah memberi stimulus pergerakan ekonomi.

 

Pembangunan sejumlah proyek infrastruktur yang sudah menampakkan hasil juga memberi bonus kepercayaan masyarakat pada pemerintah. Komitmen pemerintah untuk menghentikan impor sejumlah komoditas strategis juga memberi harapan besar pada masyarakat, terutama mereka yang bergerak di sektor produksi barang primer, salah satunya adalah para petani.

 

Meskipun masih banyak kendala, hambatan, dan tantangan, namun sektor pertanian menunjukkan arah pergerakan yang positif. Komitmen pemerintah yang sejak awal menyuarakan target swasembada sejumlah komoditas pertanian memang belum menunjukkan hasil, namun pogres pencapaiannya sudah menunjukkan angka mendekati target.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162