Loading...

Petani Berharap Transparansi Harga

18:38 WIB | Tuesday, 15-December-2015 | Dinamika Petani, Suara Tani | Penulis : Clara Agustin

“Setiap petani itu harganya beda-beda. Jadi tidak sama rata.” Demikian diungkapkan Patman, Ketua Kelompok Tani Rukun Tani dari Desa Kedung Sulus, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, sudah melakoni sebagai petani ubi kayu sejak 15 tahun yang lalu.

 

Gonjang-ganjing harga ubi kayu yang diterima petani karena dalam pemasaran sebagian besar petani tidak menjalin kemitraan. Langsung negosiasi ke tengkulak atau home industri. “Makanya saya inginnya ada transparansi harga agar petani tidak tertipu,” ujarnya

 

Tidak hanya itu, Patman pun meminta bahwa di Pati sebaiknya dibangun industri ubi kayu dalam skala besar lebih banyak karena selama ini sebagian besar hanya sebatas pengolahan tepung tapioka dalam bentuk kasar. “Ini juga berdampak pada harga karena kalau ada industri ubi kayu dalam skala besar, akan ada transparansi harga. Dan yang terpenting ada standar harga ubi kayu,” tutup Patman.

 

Kelompok Tani Rukun Tani saat ini jumlah anggotanya 115 orang dengan luas hamparan 80 ha. Produktivitas tanaman rata-rata 40-60 ton/ha. “Kalau dikalkulasikan saat ini, kami mendapat keuntungan Rp 10-15 juta per hektarnya,” katanya.

 

Dilihat dari harga saat ini, Patman mengakui harga ubi kayu saat ini sedang bagus, yaitu sekitar Rp 2.250/kg. Hal ini karena produksi ubi kayu sedang menurun, sehingga harganya meningkat. “Sekarang produksi sedang menurun, tetapi kebutuhan industri semakin meningkat. Makanya harganya kali ini sedang bagus. Tidak hanya itu, kurangnya produksi akibat dari minat petani yang semakin berkurang,” jelasnya.

 

Masalah anomali iklim pun termasuk di dalamnya. Tidak dapat dipungkiri, adanya El-Nino kuat, usaha budidaya ubi kayu mundur. Jika seharusnya pada Oktober, maka akibat anomali iklim ini baru dapat dilaksanakan Desember. Persoalan lain yang dialami petani adanya serangan hama kutu putih yang menyebabkan tunas tidak tumbuh. Cla/Yul

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162