Loading...

Petani Itu Banyak Sedekahnya

10:57 WIB | Wednesday, 16-November-2016 | Agri Wacana, Siraman Rohani | Penulis : Ahmad Soim

Oleh: Ahmad Soim

 

Menjadi petani selain bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari usaha agribisnis dan agroindustrinya, dari setiap hasil produk pertaniannya dinilai oleh Allah sebagai amal sedekah/infaq sampai hari kiamat. Boleh dibilang petani adalah orang yang banyak atau ahli sedekah.

 

Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat”. (HR. Imam Muslim hadits No.1552 [10]).

 

Dalam kesempatan lain, Rasululllah bersabda: Tidaklah seorang muslim yang bercocok tanam, kecuali setiap tanamannya yang dimakannya bernilai sedekah baginya, apa yang dicuri orang darinya menjadi sedekah baginya, apa yang dimakan binatang liar menjadi sedekah baginya, apa yang dimakan burung menjadi sedekah baginya, dan tidaklah seseorang mengambil darinya, melainkah ia menjadi sedekah baginya. [HR. Muslim No.2900].

 

 Islam menganjurkan manusia untuk bertanam, meski esok hari akan kiamat. Hadis yang diriwayatkan Anas r.a. dari Rasulullah SAW bersabda: “Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang di antara kalian ada bibit kurma, maka apabila dia mampu menanam sebelum terjadi kiamat, maka hendaklah dia menanamnya”. (HR. Imam Ahmad 3/183, 184, 191, Imam Ath-Thayalisi No. 2078, Imam Bukhari di kitab Al-Adab Al-Mufrad No. 479 dan Ibnul Arabi di kitabnya Al-Mu’jam 1/21 dari hadits Hisyam bin Yazid dari AnasRodhiyallohu ‘Anhu).

 

Redaksi menerima kiriman tulisan untuk Rubrik Siraman Rohani yang memenuhi syarat layak untuk dimuat. Tema tulisan seputar semangat ruhiyah untuk kesuksesan bertani dan stakeholder pertanian. Panjang tulisan maksimal satu halaman A4 spasi 1.5. Rubrik ini terbit sebulan sekali, setiap minggu ke-3. Redaksi mohon maaf bila mana ada pihak yang tidak berkenan dengan isi Siraman Rohani yang kami terbitkan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162