Loading...

Petani Masih Anggap Penting Peran Penyuluh

12:47 WIB | Wednesday, 15-November-2017 | Suara Tani, Kabar Penas KTNA XV 2017 | Penulis : Clara Agustin

Bagi petani keberadaan penyuluh masih sangat penting. Terutama membimbing dalam budidaya yang baik, termasuk mengatasi hama dan penyakit tanaman.

 

“Kalau menurut saya penyuluhan itu sangat penting. Kita jadi lebih tahu bagaimana mengatasi hama dan penyakit,” kata petani tomat asal Kampung Cikareumbi, Lembang, Kab. Bandung Barat, Ukes saat bertemu dengan Sinar Tani, beberapa waktu lalu.

 

Ukes mengakui, selama ini petani sering menggunakan pestisida secara sembarangan. Bukan hanya takaran dosisnya, tapi jenis pestisidanya. Seperti untuk penyakit lodoh (busuk basah), petani malah menggunakan pestisida untuk membasmi ulat. Belum lagi dosis yang digunakan tidak sesuai. Akibatnya bukan hamanya yang hilang, tapi produksinya juga menghilana (gagal panen). “Karenanya penyuluhan itu penting. Jadi nanti petani tidak asal menggunakan pestisida,” ujarnya.

 

Penyuluhan sekarang juga menurut Ukes lebih simple (praktis). Para penyuluh tidak harus datang tiap hari asalkan mudah untuk diajak koordinasi. Misalnya, saat tanaman diserang hama atau penyakit, petani tinggal foto dan mengirimkan ke penyuluh bahwa tanamannya diserang. Penyuluh bisa langsung memberikan pengarahan bahwa hama atau penyakit tersebut bisa diatasi dengan menggunakan pestisida yang sesuai. “Yang jelas komunikasi harus tetap jalan,” tambahnya.

 

Pergiliran Tanaman

 

Ukes memberikan tips agar tanaman tidak mudah terserang hama dan penyakit yakni adanya pergiliran tanaman atau tanaman sela. Misalnya, setelah tanam tomat diganti dengan tanaman yang berbeda famili. Misalnya, sawi atau kembang kol.

 

“Sebenarnya tanaman yang sering terserang hama karena tidak ada pergiliran tanaman dan tanaman sela. Untuk tanaman sela kita bisa menggunakan tanaman jagung. Seperti untuk menghindari hama kumbang daun (oteng-oteng) bisa menanam jagung. Hama bisa pindah ke tanaman jagung,” katanya.

 

Jadi menurut Ukes, inti persoalan untuk mengatasi hama dan penyakit tanaman adalah menjalin komunikasi yang baik dengan penyuluh. Penggunaan pestisida yang bijak, pergiliran tanaman dan manfaat tanaman sela merupakan salah satu materi yang diberikan dalam penyuluhan.

 

Dengan demikian, penyuluhan adalah kegiatan yang harus selalu dilaksanakan agar kegiatan usaha tani yang dilakukan petani tidak sia-sia (gagal panen). Cla

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162