Loading...

e-paper Tabloid Sinar Tani - Polbangtan Baju Baru STPP

10:59 WIB | Thursday, 20-September-2018 | Sorotan | Penulis : Pimpinan Redaksi

e-paper Tabloid Sinar Tani - Polbangtan Baju Baru STPP

 

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) memasuki sejarah baru. Institusi pendidikan kedinasan yang berada di bawah Kementerian Pertanian ini akan ‘berganti baju’ menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan). 

 

Perjalanan STPP sebagai sebuah lembaga pendidikan memang cukup panjang. Mungkin sepanjang keberadaan negara ini. Misalnya, STPP Yogyakarta-Magelang yang bermula dari Sekolah Pertanian Menengah Tinggi (SPMT) yang lahir pada 3 Agustus 1942 dan bagian dari STPP Bogor. 

Sedangkan STPP Bogor sebelumnya merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor tahun 1876. Kemudian pada tahun 1898 berubah nama menjadi Kursus Hortikultura (1898), lalu Kursus Pertanian (1900). Selanjutnya menjadi Sekolah Pertanian tahun 1903, Sekolah Kedokteran Hewan/Nederlansche Indische Veeartsen School (1908), Sekolah Pertanian Menengah Atas/Middlebare Land­bouw School (1913), Sekolah Kehutanan Menengah Atas/Middlebare Boshbouw School (1939), Sekolah Pertanian Menengah Tinggi (1942) dan Akademi Penyuluhan Pertanian (1992). Secara resmi menjadi STPP pada 11 April 2001. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian, Momon Rusmono mengatakan, trans­for­masi STPP menjadi Polbangtan melalui beberapa tahapan. Mulai disetujui pengembangan program studi yang awalnya berorientasi pada penyuluhan pertanian, penyu­­luhan peternakan dan penyuluhan perkebunan menjadi berorientasi pada ilmu pertanian terapan. 

“Jadi di Polbangtan nanti kita kembangkan Program Studi Mekanisasi Pertanian, Kesehatan Hewan, Budidaya Hortikultura, dan lain sebagainya,” kata Momon kepada Sinar Tani di Jakarta, pekan lalu. Nantinya keenam Polbangtan tersebut memiliki 24 program studi dengan nama baru. Program studi tersebut mencakup program DIII dan D IV (Sains Terapan). 

Dibukanya program studi baru tersebut sesuai rekomendasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang di­keluarkan 30 November 2017. Selanjutnya mendapat persetujuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk mengubah nama STPP menjadi Polbangtan. 

“Surat Persetujuan dari KemenPAN-RB sudah keluar dan disetujui pada April 2018 lalu setelah diajukan pada Februari 2018,” kata Momon. Status pen­didikan Polbangtan pun di­dapatkan dengan keluarnya Peraturan Menteri Pertanian No. 25 Tahun 2018. 

 

Tujuan Pendidikan

Transformasi STPP menjadi Polbangtan tidak hanya berganti nama, tapi juga tujuan pendidikan. Jika saat STPP lebih berorientasi pada peningkatan kompetensi penyuluh, maka Polbangtan diharapkan dapat menciptakan job creator dan job seeker yang siap bekerja. “Untuk menciptakan job creator, dilakukan dengan penumbuhan wirausahawan muda. Jadi mahasiswa dibekali program penumbuhan wirausaha pertanian,” ujar Momon.

Menurut Momon, setidaknya ada dua pendekatan untuk menjadi job creator. Pertama, mahasiswa diberikan modal dan melakukan usaha di kampus, namun berorientasi keluar. Kedua, modal diberikan kepada para alumni yang membentuk kelompok untuk menciptakan lapangan kerja. 

Sedangkan job seeker,­ lulusan Polbangtan diarahkan menjadi tenaga ahli bidang pertanian yang tangguh. “Jadi jika pemerintah memerlukan tenaga-tenaga ahli madya (DIII dan DIV), Polbangtan siap menyediakan tenaga kerja,” kata Momon.

Dengan tujuan menghasilkan lulusan yang siap berwirausaha dan siap kerja, Momon berharap profil mahasiswanya pun harus berubah. Jika dahulu ketentuan mahasiswa itu harus penyuluh PNS, tapi ke depan mahasiswa Polbangtan dari penyuluh maupun aparatur ditambah fresh graduate (SMA IPA, SMK bidang Pertanian ataupun SLTA terkait program studi seperti SMK Otomotif). “Tapi akan kita utamakan yang fresh graduate dan diprioritaskan untuk anak petani,” katanya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162