Loading...

Ponjo Lowek untuk Tingkatkan LTT dan IP

15:42 WIB | Wednesday, 07-March-2018 | Komoditi, Pangan | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Sejumlah petani di Desa Sido Waluyo,  Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan aktif menerapkan  cara tanam  “Ponjo Lowek” untuk dapat meningkatkan luas tambah tanam (LTT) dan indeks pertanaman padi.

 

Sistem tanam Ponjo Luwek  dilakukan dengan cara menanam benih yang sudah disemai dan ditanam pada lahan kering (belum ada air). Hal ini dilakukan karena petani sangat ingin menanam padi ditengah cuaca yang belum turun hujan.

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Sidomulyo, Didik Deky menyatakan, penanaman padi sistem Ponjo Luwek sudah dilaksanakan di areal 30 ha.

 

Cara tanam sistem Ponjo Lowek merupakan salah satu cara petani untuk melawan keterbatasan berupa  tidak adanya kucuran  air hujan. Penerapan sistem pertanaman ini juga sebagai solusi untuk dapat  meningkatkan Indeks Pertanaman (IP).

 

 

 

Pengawalan Benih

 

Masih dari  Provinsi Lampung diinformasikan juga bahwa   tim Upaya Khusus peningkatan produksi  padi, jagung dan kedelai (Upsus pajale) Inspektorat II Itjen Kementan telah berkeliling  Kabupaten Pesawaran untuk memastikan bahwa lahan ladang yang siap untuk ditanam mencapai luasan  1060 ha.

 

Selanjutnya anggota tim bersama Kepala Bidang Tanaman Pangan  Dinas Pertanian    Kabupaten Pesawaran, Budi Irawan memastikan benih sebanyak 2,5 ton untuk lahan seluas 100 ha telah sampai ke beberapa kelompok tani dan langsung dimanfaatkan oleh mereka.

 

“Alhamdulillah benih tersebut kini sudah diterima mereka dan kami langsung diajak ke ladang untuk melakukan tanam bersama di lahan kering dengan benih varietas situbagendit,” katanya.

 

Selain pembagian bantuan benih, tim UPSUS Pajale juga  mensosialisasikan program asuransi usaha tani padi (AUTP). Dengan mengasuransikan  pertanaman padinya ,petani  yang mengalami gagal panen karena banjir, kekeringan dan serangan  hama, bisa mengklaim Rp 6 juta/ha dengan biaya premi sekali musim tanam sebesar Rp 36 ribu/ha. TIA/Ira/Indrastari SL

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162