Loading...

PPL Swadaya dan Posluhdes

09:25 WIB | Monday, 18-September-2017 | Mimbar Penyuluhan | Penulis : Kontributor

Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes) dibentuk dari, oleh dan untuk petani, difasilitasi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) swadaya dan didampingi penyuluh pertanian menuju kelembagaan penyuluhan mandiri milik petani di pedesaan

 

Penyuluh Pertanian Swadaya

 

Siapakah PPL Swadaya itu? Mereka adalah pelaku utama yang berhasil dalam usaha taninya dan warga masyarakat lainnya yang dengan kesadarannya sendiri mau dan mampu menjadi penyuluh pertanian.

 

PPL Swadaya dipilih dan ditetapkan melalui identifikasi calon Penyuluh Pertanian Swadaya sebagai berikut : a) Penyuluh Pertanian PNS bersama dengan aparat desa/kelurahan melakukan identifikasi pelaku utama dan masyarakat lain yang memenuhi syarat sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya di setiap desa/kelurahan binaannya;

 

b) Hasil identifikasi dilaporkan kepada kepala/pimpinan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai calon Penyuluh Pertanian Swadaya; c) Pelaku utama dan masyarakat lain dapat juga mengajukan diri sebagai calon Penyuluh Pertanian Swadaya kepada kepala/pimpinan BPP; d) Kepala/pimpinan BPP merekapitulasi calon Penyuluh Pertanian Swadaya dan verifikasi calon penyuluh pertanian swadaya oleh tim verifikasi;

 

e) Hasil verifikasi dilaporkan kepada kepala dinas/lembaga lingkup pertanian yang membidangi penyuluhan pertanian kabupaten/kota, untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya dan dikukuhkan serta ditetapkan wilayah binaannya oleh Bupati/Walikota.

 

Penyuluh Pertanian Swadaya yang telah ditetapkan bisa diusulkan kepada dinas/lembaga lingkup pertanian yang membidangi penyuluhan pertanian di provinsi untuk mendapatkan pelatihan dan pembinaan dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP). Penyuluh Pertanian Swadaya yang telah mengikuti pelatihan dan lulus diberikan sertifikat pelatihan.

 

Pos Penyuluhan Desa

 

Pos penyuluhan desa (posluhdes) adalah kelembagaan penyuluhan pertanian tingkat desa/kelurahan yang dibentuk dan dikelola secara partisipatif oleh pelaku utama yang bertujuan sebagai tempat pertemuan para penyuluh, pelaku utama dan pelaku usaha.

 

Prinsip Penumbuhan dan Pengembangan Posluhdes

 

  1. Partisipatif

 

Posluhdes/kelurahan harus melibatkan pelaku utama (petani/Poktan, Gapoktan) dan pelaku usaha untuk berperan aktif dalam setiap pengambilan keputusan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan, partisipatif. Penyuluh dan pemerintah memfasilitasi serta memberikan dukungan kepada petani agar posluhdes/kelurahan dapat tumbuh dan berkembang sebagai kelembagaan penyuluhan di pedesaan.

 

  1. Keswadayaan

 

Mengembangkan kemampuan menggali potensi pelaku utama dan pelaku usaha serta masyarakat pedesaan dalam penyediaan dana dan sarana serta pendayagunaan sumberdaya lainnya guna terwujudnya kemandirian posluhdes/kelurahan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162