Loading...

Priming Benih Padi Dengan Zn Atasi Cekaman Terendam

13:53 WIB | Wednesday, 03-August-2016 | Iptek, Teknologi | Penulis : Kontributor

Menghadapi stres oleh cekaman terendam (submergence stress) sejumlah varietas toleran termasuk padi sudah dan masih terus dikembangkan di luar dan dalam negeri. Ternyata, ketahanan bibit padi tidak toleran cekaman terendam dapat pula ditingkatkan melalui perlakuan teknik priming (penyiapan) tertentu pada benih yang akan disemai.

 

Hal ini telah dibuktikan oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Firdaus Sulaiman dkk dari Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya, Palembang belum lama ini. Bersama tiga rekan lainnya, Rujito Suwignyo, Mery Hasmeda dan Andi Wijaya, mereka melakukan penelitian tentang bagaimana ketahanan bibit padi terhadap cekaman terendam bila sebelumnya benih diberi perlakuan priming dengan unsur hara seng (Zn).

 

Penelitian itu dilatari berbagai hasil riset sebelumnya di luar dan dalam negeri tentang penggunaan Zn dalam pemupukan maupun priming benih sejumlah jenis tanaman termasuk padi. Hasilnya meliputi peningkatan hasil, tingkat perkecambahan yang lebih tinggi atau lebih waktu perkecambahan yang lebih cepat dan hasil positif lainnya. Sehingga para ilmuwan UNSRI tersebut menduga bahwa perlakuan priming benih dengan Zn dapat meningkatkan ketahanan bibit padi genotipe padi tidak toleran terhadap kondisi cekaman terendam.

 

Tim ilmuwan tersebut tertarik untuk meneliti kemungkinan karena sebagaimana dinyatakan dalam laporan hasil penelitian yang dimuat Jurnal Agronomi Indonesia edisi Januari 2016 bahwa “priming benih untuk meningkatkan toleransi cekaman terendam belum pernah dilakukan.”

 

Perlakuan priming (penyiapan) benih untuk lebih menguatkan vigor bibit tanaman sudah biasa dilakukan dan terus dikembangkan. Di antaranya untuk menghadapi kondisi lingkungan yang kurang memadai (sub optimal) yang bisa menimbulkan stres seperti kekeringan, suhu tinggi atau rendah atau lainnya termasuk genangan air. Juga untuk meningkatkan hasil biji dan biomassa tanaman.

 

Untuk priming benih dengan Zn, tim peneliti antara lain mengemukakan hasil beberapa penelitian terpisah yang menunjukkan bahwa pada pemupukan dengan Zn, pada batang terendam terdapat banyak Zn, dan priming benih padi dengan Zn sebelum disemai dapat meningkatkan jumlah benih berkecambah dan vigor bibit. Antara pemupukan dengan Zn dan priming dengan Zn, ada ilmuwan yang melaporkan priming lebih praktis hemat karena dimulai dari awal pertumbuhan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162