Loading...

Puslitbangnak Promosikan TAKESI di Indolivestock 2018

16:16 WIB | Friday, 06-July-2018 | Inovasi Teknologi | Penulis : Ika Rahayu

Para peneliti Puslitbangnak pamerkan beragam inovasi untuk dukung produktivitas ternak

Institusi Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Badan Litbang Pertanian Kementan aktif mempromosikan Teknologi Takesi ke pengunjung pameran akbar peternakan Indolivestock 2018.

 

Peneliti dari Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet), Susan M Noor menjawab Sinar Tani mengatakan, Teknologi Android Kesehatan Sapi (TAKESI) sudah diluncurkan sejak tahun 2017 dan sejauh ini sudah diakses ribuan peminat termasuk peternak sapi di dalam negeri.

 

Aplikasi TAKESI, menurut Susan, pada intinya berisi 4 vitur yakni mengenai penyakit sapi indukan, penyakit anak sapi, manajemen kesehatan sapi dan vitur kontak ahli.

 

"Jadi kalau peternak memiliki masalah anak sapinya sakit tinggal mengklik vitur penyakit anak sapi disitu tercantum cara pengendaliannya secara rinci. Peternak juga bisa berkonsultasi langsung dengan para ahli di bidang manajemen peternakan dan  dokter hewan karena di vitur itu sudah tercantum nomor  kontak ahli bersangkutan, " jelas Susan.

 

TAKESI terbukti bisa membantu peternak di wilayah terpencil yang belum terdapat sarana kesehatan hewan seperti puskeswan serta  daerah yang minim keberadaan dokter hewannya.

 

" Kami ingin semakin banyak peternak dan pihak-pihak terkait dengan usaha budidaya sapi yang aktif mengakses Teknologi Takesi, karena itu sosialisasi terus kami lakukan termasuk di even Indolivestock kali ini," tutur Susan. Ira

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162