Loading...

Regopantes.com, Bantu Pasarkan Produk Petani di Jawa Tengah

16:20 WIB | Thursday, 23-November-2017 | Olahan Pasar, Non Komoditi | Penulis : Kontributor

Pemasaran terhadap produk pertanian kerap menjadi persoalan bagi petani. Untuk membantu petani agar tidak rugi saat panen raya karena harga hasil panennya anjlok, Pemerintah Daerah Jawa Tengah meluncurkan aplikasi smarphone regopantes.com.

 

Peluncuran dilakukan saat Hari Tani Nasional, beberapa waktu lalu oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.  Ganjar berharap dengan adanya aplikasi ini bisa memangkas jalur distribusi penjualan berbagai komoditas hasil pertanian dari petani ke konsumen. Selama ini panjangnya mata rantai penjualan berakibat harga rendah di tingkat petani, namun tinggi di tangan konsumen.

 

"Mendongkrak nilai tukar petani salah satunya melalui off farm. Terlebih lagi saat ini ada regopantes.com, pemasaran produk petani bisa dioptimalkan. Apalagi kini petani mulai melek teknologi,” katanya.

 

Aplikasi regopantes.com itu diharapkan menjadi tempat perdagangan secara online berbagai produk pertanian petani di Jawa Tengah. Karena langsung dari petani ke konsumen, kedua pihak akan mendapat harga yang pantas. “Petani bisa mem-posting hasil tani yang dijualnya secara online, lalu konsumen melakukan pembelian melalui situs regopantes.com,” ujar Ganjar.

 

Pembuat aplikasi dari 8villages, Wim Prihanto, selaku Chief Operating mengatakan, aplikasi tersebut hanya bisa digunakan petani. Karena itu akan ada proses verifikasi akurat dari timnya agar benar-benar petani yang menggunakan. Jika terlihat ada kejanggalan, maka akan dilakukan verifikasi ulang.

 

Wim menjelaskan, seperti e-commerce lainnya untuk mengaplikasi, petani bisa langsung meng-upload foto hasil produknya dan pembeli bisa membuka website untuk memilih. “Terkait harga akan ada tim dari 'Rego Pantes' yang selalu melakukan survei,” katanya.

 

Saat Peringatan Hari Tani 2017 perwakilan pengurus dari KTNA Kabupaten Cilacap Muhtar yang ikut hadir, menyambut baik peluncuran aplikasi smarphone regopantes.com tersebut.

 

Aplikasi itu menurutnya, sebagai media memasarkan produk petani dengan cara melakukan registrasi dan pengguna langsung dapat mengiklankan produknya. Saat itu juga produk tersebut dapat diakses semua orang di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. “Untuk meningkatkan daya jual dan daya saing produk, petani harus meningkatan mutu dan melakukan budidaya yang baik,” katanya. Wasis/Yul

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162