Loading...

Revitalisasi Koperasi Jagung Milik Petani Lebak

10:17 WIB | Monday, 21-May-2018 | Kontak Tani Sukses | Penulis : Kontributor

Melalui pilot project korporasi jagung di Gunung Kencana Kabupaten Lebak, Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kemantan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten dan Dinas Pertanian Perkebunan Kabupaten Lebak melakukan revitalisasi koperasi yang ada di lokasi pilot project agar berkembang menjadi lebih baik dari sisi struktur organisasi dan tujuan bisnis koperasi tersebut.  

 

 

 

Hasil-hasil kesepakatan-kesepakatan yang diperoleh dari program revitalisasi koperasi di Balai Desa Bulakan Gunung Kencana yang dihadiri oleh perwakilian pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan pengurus koperasi lama (14/5),  menetapkan bahwa anggaran dasar dan rumah tangga koperasi diubah dan disesuaikan dengan orientasi tujuan saat ini, mengubah struktur organisasi agar menjadi lebih efektif dalam bekerja dan memberi tambahan nama koperasi yang menjadi lambang semangat masyarakat desa.

 

 

 

Dengan revitalisasi koperasi ini diharapkan koperasi ini nantinya akan dapat menjadi contoh pergerakan koperasi di daerah lainnya atau mendorong gabungan kelompok tani membentuk koperasi sehingga orientasi usaha tani dapat beralih dari usaha tani subsisten menjadi usahatani agribisnis dengan skala ekonomi berbasis kawasan.

 

 

 

Potensi yang akan tumbuh dengan adanya koperasi di perdesaan yang dikelola oleh petani adalah mendorong dan mempercepat penggunaan mekanisasi dalam usaha pertanian sekaligus menjadi unit bisnis kosperasi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak yaitu anggota dan koperasi tersebut. YH

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162