Loading...

Saritam, Minuman Kesehatan Khas Brebes

13:35 WIB | Tuesday, 03-October-2017 | Non Komoditi, Olahan Pasar | Penulis : Gesha

Minuman kesehatan kini jadi produk kuliner yang kian banyak peminatnya. Didukung kearifan lokal, masyarakat Kabupaten Brebes telah menghasilkan Sari Beras Hitam (saritam) yang nikmat rasanya sekaligus bermanfaat bagi kesehatan.

 

Saritam sangat mirip dengan kopi dan wanginya seperti wedang jahe. "Ciri khasnya, minuman Ini dibuat dari air rebusan beras hitam yang memang banyak ditanam di Kecamatan Sirampog," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Budhiarso ketika menyuguhkan sari beras hitam ini kepada rombongan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Selasa (3/10).

 

Tak hanya menghangatkan badan, saritam juga bermanfaat bagi kesehatan. Dibuktikan dari testimoni Kepala Subdivre Pekalongan, Muhson yang ikut dalam rombongan. "Kenalan saya sakit komplikasi dan disarankan untuk mencoba minum rebusan air beras hitam. Akhirnya setelah 4 bulan meminum rebusan tersebut, sekarang sudah tidak tergantung obat lagi," cerita Muhson.

 

Menurut hasil penelitian, beras hitam mengandung antosianin yang mampu mencegah penyakit jantung dan melindungi segala macam peradangan yang menjadi inti dari banyak penyakit yang umum saat ini.

 

Beras hitam mengandung vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta zinc, magnesium, dan fosfor di samping memainkan peran penting dalam menunjang kesehatan hati, terutama dalam mencegah perlemakan hati, termasuk perlemakan hati alkoholik.

 

Beras hitam juga tergolong tinggi kandungan antioksidannya. "Apalagi di sini, beras hitam ditanam di lereng Gunung Slamet yang jauh dari polusi udara. Luas pertanamannya mencapai sekitar 25 ha," kata Budhiarso. 

 

Petani beras hitam tersebut dibina oleh Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kec. Sirampog untuk pengemasannya dan dipasarkan melalui koperasi Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kab. Brebes. Beras hitam tersebut dikemas vakum dengan ukuran 450 gram. "Kalau mau dikonsumsi tinggal direndam air panas atau cukup ikuti petunjuk penggunaan di kemasan," tutur Budhiarso. Gsh/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162