Loading...

Sisilia Arthur Xiemenes, Membuat Beras Jagung Sesuai Selera

14:27 WIB | Monday, 17-October-2016 | Inovasi Teknologi, Teknologi | Penulis : Kontributor

Empat jenis olahan jagung berupa berasan jagung grit original, berasan jagung pratanak,  berasan jagung premium dan tepung jagung. Ini artinya bagi Sisilia Arthur Xiemenes, teknologi sudah mampu menyediakan pilihan produk yang sesuai selera masyarakat.

 

“Saya sendiri lebih menyukai beras jagung pratanak, karena rasanya yang lebih pulen dan memiliki cita rasa sendiri” ujar Sisilia ketika ditanya apakah ada perbedaan khas dari tiga produk yang telah mereka hasilkan itu.

 

Dia sangat gembira dengan adanya rumah jagung ini, pasalnya masyarakat selama ini mengolah jagung sangat tradisional dengan hanya ditumbuk. Cara ini tentuya banyak kelemahan dan kurang hygenis.

 

Selain sudah mampu memproduksi beras jagung olahan, mereka juga sudah dapat membedakan keunggulan dan kelemahan masing-masing produk itu. Dia mencontohknay untuk menghasilkan beras jagung pratanak diperlukan waktu yang lama dan biaya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras premium, sehingga wajar saja jika harga jualnya berbeda.

 

Untuk jagung pratanak bisa dijual dengan harga Rp. 20 ribu per 600 gram, harga jagung premium hanya Rp. 15 ribu per 600 gram. Sedangkan untuk beras jagung original  hanya Rp. Rp.10 ribu per 740 gram.

 

Keberhasilan KWT ini megembangkan produks olahan jagung telah mendapat apresiasi dari pemerintah daerah. Kepala Desa Manusak, Arthur Xiemenes menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan penuh untuk pengembangankan produk olahan jagung ini.

 

“Kami akan menydiakan anggaran desa untuk penyebaran dan pengembangan teknologi pengolahan. Selain itu, kami juga menyediakan tempat khusus bagi KWT ini untuk memajang produks olahannya di kantor Desa, sehingga setiap pengunjung yang datang ke kantor desa akan langsung  dapat melihat produk tersebut” ujar Arthur.

 

Dijelaskan juga keberhasilan yang dicapai oleh KWT inii telah mendapat perhatian dari Bupati Kabupaten Kupang. Lis

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162