Loading...

Sjamsoeoed Sadjad, Melukis Multidimensi dari Barang Bekas

14:53 WIB | Thursday, 05-January-2017 | Dinamika Petani, Kontak Tani Sukses | Penulis : Kontributor

Bermula dari upaya membuat definisi apa itu melukis atau menggambar, Sjamsoe’oed Sadjad menciptakan lukisan multidimensi. Hasilnya kini lukisan tersebut memenuhi rumahnya yang kini ibarat galeri.

 

Bagi Sjamsoe’oed, melukis tidak lain adalah merangkai bentuk dan warna sehingga menghasilkan suatu wujud yang dirasakan indah. Semula wujud lukisan di atas kanvas berdimensi dua, panjang dan lebar. Selanjutnya berkembang sebagai lukisan multidimensi.

 

“Mungkin orang mengatakan lukisan multidimensi itu hanya wujud pajangan yang disusun di atas meja atau digantungkan pada dinding. Demikian tentu tidak salah,” katanya.

 

Sjamsoe’oed menganggap sebuah lukisan multidimensi dengan memakai definisi demikian bisa menentramkan fikiran dan hati, karena bisa dirasakan keindahannya. Jika lukisan berdimensi dua, bisa dinikmati keindahannya dari satu arah tepat dari depan lukisan. Tapi sedikit bergeser berdiri, hilanglah keindahan lukisan. “Saya simpulkan, ternyata faktor dimensi merupakan penentu sehingga lahir pemikiran saya melahirkan gagasan multidimensi   untuk menciptakan sebuah lukisan,” ujarnya.

 

Lukisan multidimensi bagaimana mewujudkannya? Semuanya berfikir untuk menciptakan lukisan dua dimensi saja sulit, apalagi lukisan multidimensi. Tetapi nyatanya tidak demikian.

 

Mencipta sebuah lukisan multidimensi yang wujudnya bisa dinikmati keindahannya dari berbagai arah ternyata jauh lebih mudah menciptakan.

 

Awal membuat lukisan multidimensi, Sjamsoe’oed menemukan biji kelapa yang sudah terkelupas dari buahnya. Menggeletak lama di bawah pohon kelapa yang tumbuh di halaman belakang rumah. “Kalau saya amati tidak beda jauh dengan gambaran muka orang. Ada seperti mata dua, mulut yang terbuka dan hidung. Saya bersihkan dengan air sabun, saya gosok dengan sikat, lalu saya jemur agar kering,” tuturnya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162