Loading...

Strategi Jitu Pemasaran Produk Perkebunan

12:14 WIB | Monday, 07-August-2017 | Mimbar Penyuluhan | Penulis : Kontributor

Oleh: Kukuh Wahyu Widjajanto (BBP2TP)

 

Produk perkebunan pada umumnya merupakan produk ekspor. Pengembangan dan peningkatan daya saing dalam memasarkan produk perkebunan memang bukan hal yang mudah akan tetapi harus diupayakan.

 

Salah satu tujuan pemasaran adalah memperoleh keuntungan, dan sudah barang tentu dengan menawarkan produk yang berkualitas, memenuhi keinginan konsumen, harga terjangkau, pelayanan memuaskan dan menampilkan citra produk secara keseluruhan dengan baik.

 

Untuk dapat memenuhi hal tersebut dibutuhkan suatu strategi pemasaran di mana pengembangan sistem pemasaran, khususnya pasar dalam negeri diarahkan pada terciptanya mekanisme pasar yang berkeadilan, sistem pemasaran yang efisien dan efektif, meningkatnya posisi tawar petani dan meningkatnya pangsa pasar produk lokal.

 

Produk perkebunan mempunyai peluang pasar yang cukup bagus, tidak hanya di pasar lokal dan nasional tetapi juga sudah terbuka lebar ke pasar ekspor yang bisa dijangkau oleh para pelaku usaha perkebunan besar maupun kecil, sehingga diharapkan nilai tambah produk perkebunan semakin meningkat.

 

Strategi Pemasaran

 

Strategi sangat dibutuhkan dalam segala aktivitas tak terkecuali dalam dunia usaha, kerap kali peran strategi menentukan besar kecilnya profit yang diperoleh. Hal ini pun berlaku dalam dunia usaha perkebunan, di mana dibutuhkan strategi jitu mulai dari tahap proses produksi sampai kepada proses pemasaran.

 

Teknik pemasaran merupakan kunci keberhasilan dalam penjualan suatu produk perkebunan, karena teknik pemasaran yang baik didukung dengan strategi pemasaran yang efektif dan mengedepankan kualitas atau mutu produk maka proses pemasaran yang baik akan berjalan dinamis sehingga produk yang ditawarkan mempunyai daya saing yang tinggi akibat kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut.

 

Beberapa strategi pemasaran yang perlu diperhatikan dan diterapkan dalam menghadapi persaingan pasar khususnya pasar produk perkebunan antara lain:

 

1. Melakukan pengamatan terhadap Pasar

 

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur di mana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162