Loading...

Tahapan Budidaya Cabai dalam Pot

01:45 WIB | Monday, 17-July-2017 | Teknologi, Klinik Teknologi | Penulis : Ika Rahayu

Tanya :

 

Saya seorang ibu rumah tangga yang juga senang bercocok tanam rempah-rempah dan aneka sayuran. Belakangan saya mencoba mengusahakan beberapa batang tanaman cabai rawit di lahan trotoar di depan rumah saya dan Alhamdulillah sudah berulang kali melakukan panen cabai rawit.

 

Karena keterbatasan lahan, saya ingin mencoba memperluas pertanaman cabai merah dan cabai rawit saya di dalam pot. Karenanya saya mohon penjelasan secara singkat dari Sinar Tani bagaimana tahapan dalam melakukan budidaya cabai dalam pot. Apa saja sarana dan prasarana yang harus saya siapkan. Atas jawabannya diucapkan terima kasih.

 

Heni Lucky, Depok Jabar

 

 

 

Jawab :

 

Senang sekali mendengar cerita bahwa ibu bisa sukses bertani cabai (Capsicum annum) di lahan yang terbatas di sekitar rumah. Apa yang ibu lakukan sudah sesuai keinginan pemerintah (Kementerian Pertanian) yakni masyarakat memanfaatkan seoptimal mungkin lahan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman sayuran.

 

Dengan demikian paling tidak ibu bisa memenuhi sendiri kebutuhan aneka sayuran dari kebun sendiri yang berarti ibu sudah berhasil menciptakan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga. Keuntungan lain dengan membudidayakan cabai secara mandiri, bisa didapatkan produk cabai yang bebas bahan kimia karena tidak digunakannya pestisida kimiawi.

 

Dengan luasan lahan pekarangan yang terbatas, memang satu langkah yang tepat jika ibu ingin mengembangkan tanaman cabai lebih luas lagi di dalam pot. Karena pot-pot yang ibu miliki nantinya bisa ibu letakkan di rak-rak dan disusun secara vertikal ke atas.

 

Pada intinya ada sejumlah sarana prasarana yang dibutuhkan jika ibu ingin bertanam cabai dalam pot. Sarana produksi utama meliputi benih cabai, media tanam, pupuk, pestisida nabati dan tentunya keberadaan air yang cukup.

 

Untuk mendapatkan tanaman dengan pertumbuhan optimal harus digunakan benih yang berkualitas yakni yang diketahui varietasnya, terjamin kemurniannya, performanya seragam, berdaya tumbuh tinggi (diatas 80%), berlabel merah jambu dan bersertifikat.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162