Loading...

Tahun Hortikultura, BB Mektan Siapkan Paket Lengkap Mekanisasi

16:04 WIB | Thursday, 24-August-2017 | Inovasi Teknologi, Teknologi | Penulis : Clara Agustin

Presiden Indonesia, Joko Widodo mencanangkan tahun 2018 adalah tahun pengembangan produk hortikultura. Sebagai tindak lanjutnya, Balai Besar Mekanisasi Pertanian (BB Mektan), Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian  telah menyiapkan paket lengkap mekanisasi untuk hortikultura.

 

“BB Mektan telah menghasilkan 24 mekanisasi (paket lengkap) untuk pengembangan hortikultura. Ini merupakan pencapaian yang tinggi. Saya sangat apresiasi,” kata Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaimaan saat acara Launching Paket Lengkap Mekanisasi Hortikultura di BB Mektan Serpong, Banten (24/8).

 

Dengan adanya paket lengkap mekanisasi untuk hortikultura, Amran optimis komoditi hortikultura di Indonesia akan berjaya kembali. “Pekerjaan akan lebih ringan. Biaya dapat ditekan dan hemat waktu. Kesjahteraan petani meningkat. Yang jelas sangat efektif dan efisien,” ucapnya.

 

Paket lengkap yang diluncurkan dimulai dari hulu sampai hilir. Seperti yang dikatakan Kepala BB Mektan, Andi Nur Alamsyah ada beberapa alsintan yang dilauncing. Yakni, mesin penggulud, mesin pemasang mulsa, alat tanam, Smart Green House, unit otomatisasi perbenihan dan mesin panen.

 

Selain itu, alat pengawetan sistem ozon yang mampu bertahan sampai 17 hari (hasil panennya), control room yang bisa bertahan sampai 4 bulan (cold storeage), drone sprayer untuk pemupukan, dan masih banyak lainnya. “Yang jelas paket yang kita keluarkan adalah paket lengkap terintegrasi, sehingga sasarannya untuk kelompok tani,” kata Andi.

 

Meski mekanisasi yang diterapkan tergolong teknologi tinggi, namun kata Andi, pengoperasiannya sederhana dan mudah diterapkan petani. Karena itu sangat layak secara ekonomi.

 

“Banyak perusahan alsintan yang sudah minta untuk memperbanyak. Kurang lebih ada 40 perusahaan, tapi ini akan kita seleksi dahulu. Dicari perusahaan yang memang mempunyai niat yang kuat untuk mengembangkan teknologi ini,” jelas Andi.

 

Paket lengkap mekanisasi hortikultura terintegrasi ini TKDN-nya (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sudah 45% atau hampir 50% komponennya dari dalam negeri. “Saya rasa TKDN sudah 45% ini merupakan pencapaian yang bagus. Tapi yang jelas, semuanya akan kita sempurnakan lagi, sehingga mudah diaplikasikan dan membawa manfaat bagi petani,” kata Andi. Cla

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162