Loading...

Target Jagung Kita

10:00 WIB | Tuesday, 18-April-2017 | Editorial, Mentan Menyapa | Penulis : Kontributor

Saya sangat mengapresiasi pengusaha-pengusaha yang berkomitmen untuk menyerap jagung lokal, melakukan pendampingan ke petani dan juga memastikan kualitas produksi jagung sesuai dengan standar pabrik pakan. Mulai dari memberikan bantuan permodalan dalam bentuk bibit, pupuk, dan biaya operasional.

 

Hingga membantu menangani pascapanen dengan basis kelompok tani untuk pemipilan hingga siap kirim ke pabrik pakan ternak. Juga mengoperasikan corn dryer untuk mampu menyerap varian kualitas produksi petani. Karena hasil panen jagung pipil dari petani meskipun sudah dikeringkan, seringkali masih memiliki kadar air tinggi, sehingga perlu dikeringkan kembali untuk diterima pabrik pakan ternak.

 

Hal ini akan mampu membangun jembatan untuk menutup gap antara petani dan industri selama ini. Selama ini, tuntutan industri untuk menerima jagung dengan kadar air 15% tidak mampu dipenuhi petani karena proses pengeringan mereka hanya mengandalkan sinar matahari.

 

Sekali lagi saya bangga dengan usaha para pengusaha yang mampu membangun sistem yang terintegrasi dari masa tanam hingga pengelolaan pasca panen dan langsung diserap industri. Dan hal ini sepatutnya menular ke pengusaha lain agar peduli dengan petani kita terutama di pasca panennya.

 

Perlu diketahui, jagung merupakan tanaman tropis yang tidak menuntut persyaratan lingkungan terlalu ketat. Jagung dapat tumbuh dengan berbagai macam tanah. Bahkan pada kondisi tanah yang agak kering dengan pertumbuhan optimal.

 

Alhamdulillah tahun ini menurut BMKG, relatif tidak ada iklim ekstrim. Jadi, saya berharap hingga panen nanti hasilnya akan baik. Baik untuk alat panen dan juga cuaca ke depan.

 

Berbagai kondisi ini tentu semakin menegaskan bahwa Indonesia bisa swasembada jagung paling lambat 2018. Saat ini kami membangun sistem supaya petani sejahtera, pengusaha untung dan konsumen tersenyum.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162