Loading...

Teh Kamboja, Boleh Dicoba

14:12 WIB | Friday, 18-November-2016 | Non Komoditi, Olahan Pasar | Penulis : Kontributor

Mendengar bunga Kamboja, banyak orang yang langsung berpikiran bunga kuburan dan terkesan angker. Tapi sebenarnya bunga ini cukup eksotik untuk mempercantik pekarangan rumah.

 

Di balik kesan itu semua, ternyata bunga Kamboja mempunyai manfaat yang tersembunyi. Nah di tangan kreatif, bunga kuburan ini dapat diolah menjadi teh yang menyegarkan. Bahkan menjadi alternatif minuman herbal yang unik.

 

Dalam skala industri, bunga kamboja seringkali disuling menjadi bahan baku pewangi sabun, minyak wangi dan aroma terapi. Sayangnya, pemanfaatan skala rumah tangga bunga kamboja masih sangat minim. Inilah yang kemudian menarik minat mahasiswa-mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor mengolahnya menjadi teh herbal.

 

"Sebenarnya bunga kamboja punya kandungan fulvoplumierin yang memperlihatkan daya mencegah pertumbuhan bakteri. Selain itu juga mengandung minyak atsiri antara lain geraniol, farsenol, sitronelol, fenetilalkohol dan linalool," ungkap inovator teh bunga Kamboja, Abil Dermail.

 

Dengan kandungan tersebut, bunga kamboja berkhasiat secara langsung maupun tidak langsung. Khasiat secara langsung yaitu tubuh menjadi lebih rileks, menurunkan stres, dan sebagai aroma terapi. Khasiat secara tidak langsung yaitu mampu meredakan demam, menghentikan batuk, melancarkan keluarnya air seni, menghentikan buang-buang air karena disentri. Selain itu, mencegah pingsan karena hawa panas, menyembuhkan sembelit, menghambat perkembangan kuman TBC, radang saluran pernapasan dan hepatitis.

 

Abil menambahkan, ketersediaan bunga kamboja pun selalu ada sepanjang tahun dan bisa dibudidayakan. Tanaman kamboja juga mampu berbunga sepanjang tahun, pembiakannya tidak sulit, usia tanaman yang dapat mencapai ratusan tahun, dan dapat beradaptasi di segala iklim.

 

“Tidak seperti tanaman bunga melati dan teh yang hanya dapat tumbuh subur di dataran tinggi, pasokan bunga kamboja sebagai bahan baku produksi relatif terjamin," tuturnya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162