Loading...

Teknologi Advansia Hadir di Penas XV Aceh Kerjasama dengan BPTP Balitbangtan Aceh

00:33 WIB | Wednesday, 17-May-2017 | Komoditi, Pangan | Penulis : Kontributor

Dalam rangka mening­katkan produksi per­tanian perlu adanya kerjasama pemerintah dan pihak swasta, sehingga program pemerintah untuk swa­sembada pajale dapat terwujud.

 

Salah satu potensi peningkatan produksi adalah dari lahan sub optimal yang belum tergarap dengan baik. Lahan sub optimal merupakan lahan marginal dan jarang digunakan untuk budidaya karena dipengaruhi oleh fluktuasi air/ suhu air, PH dan kadar garam. Lahan ini banyak tersebar di Indonesia namun belum memberikan kontribusi yang berarti untuk produksi pangan di Indonesia. Melihat permasalahan ini Charles Butar Butar selaku Area Manager Advansia di Suma­tera bekerjasama dengan BPTP Balit­bangtan Aceh me­laku­kan demplot tanaman padi dengan Teknologi Paket Advansia Tanaman Padi. Tujuan dari kegiatan demplot ini untuk mengenalkan teknologi budi­daya tanaman padi dengan paket Advansia dalam aplikasi di lahan tersebut.

Tantangan demplot ini sangat besar karena penanaman di lahan khusus seperti ini perlu pena­nganan yang serius disebab­kan sifat tanah yang tidak stabil dan serangan hama penyakit yang tinggi.

 

Kerjasama demplot ini dilaku­kan oleh BPTP Balitbangtan Aceh ber­lokasi di Gelar Teknologi PENAS XV di Desa Long Raya, Kecamatan Darul Imarah, Kabu­paten Aceh Besar.

 

Demplot yang dilakukan dengan menggunakan 2 varietas tanaman padi, yaitu; Varietas Inpari 32 HDB dan Varietas Inpari 30 Ciherang Sub 1.

 

Menggunakan Teknologi Paket Advansia tanaman padi di antaranya Apronil 50 SC, Ajin 70 WP, Akara 75 WP, Amolin 300 EC. Produk Apronil 50 SC untuk mengendalikan ulat penggulung daun, sundep dan walang sangit, AJIN 70 WP mengendalikan wereng coklat, AKARA 75 WP mengendalikan penyakit blast/ patah leher, AMOLIN 300 EC untuk fungisida dan ZPT meningkatkan hasil dan kualitas gabah.

 

Ir. Basri Abu Bakar MSi, Kepala BPTP Balitbangtan Aceh mengatakan bahwa kegiatan demplot tanaman padi ini untuk mengenalkan teknologi budi­daya tanaman padi di lahan sub optimal, di mana petani me­nemukan banyak kendala, dari mulai tanah, air, ph dan juga hama penyakit. Sehingga output dapat memberikan solusi permasalahan budidaya petani di lahan tersebut.

 

Charles Butar Butar menam­bah­kan, hasil dari demplot ini dapat disaksikan petani di Aceh dan peserta PENAS XV ACEH 6 – 11 Mei 2017. Petani dipersilahkan untuk menyaksikan sendiri hasil tanaman yang menggunakan tekno­logi dan produk produk unggul­an ADVANSIA seperti Apronil 50 SC, Ajin 70 WP, Akara 75 WP dan Amolin 300 EC.

 

Selain Demplot Teknologi Advansia di Penas XV Aceh, juga membuka stand Advansia, didalamnya menyediakan infor­masi  tentang semua tekno­logi Advansia  bagi petani untuk  solusi permasalahan hama dan penyakit tanaman. Teknologi Paket Advansia tanaman padi, teknologi paket Advansia tanaman horti, teknologi paket advansia tanaman jagung dan teknologi paket advansia tanaman kakao/ coklat. Terdapat juga informasi dengan multimedia dan disiapkan permainan dan doorprise bagi pengunjung.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162