Loading...

Terima Bibit Bawang Merah, Petani Pemalang Bergairah Lagi

17:18 WIB | Monday, 23-October-2017 | Suara Tani, Kabar Penas KTNA XV 2017 | Penulis : Clara Agustin

Setelah sempat tak lagi berharap terhadap usaha budidaya bawang merah, petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Upaya Tani, Desa Bojongnangka, Kec/Kab. Pemalang, Jawa Tengah kembali bergairah setelah menerima bantuan bibit varietas Bima Brebes dari Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang. Berkat bibit yang berkualitas tersebut, pertanaman bawang merah tumbuh dengan baik dan diperkirakan produksinya mencapai 10 ton/ha.

 

Bantuan bibit bawang merah yang bersumber dari APBN tersebut disalurkan kepada anggota kelompok tani sebanyak 5,8 ton untuk ditanam di lahan seluas 6 ha. Bibit tersebut diserahterimakan setelah melalui uji pemeriksaan mutu dan kualitas, serta bobot timbangannya.

 

Bawang merah Bima Brebes merupakan salah satu jenis bawang merah lokal yang dibudidayakan di Brebes dan sekitarnya. Kelebihan bawang merah itu diantaranya, menghasilkan panen bawang 10 ton/ha umbi kering. Tinggi tanam mencapai 4,5 cm dengan jumlah daun sekitar 35-40 helai. Anakan dalam satu rumpun mencapai 7-12 umbi bawang.  Bawang merah Bima Brebes juga dapat dipanen sekitar umur 60 hari.

 

Ketua Kelompok Tani Upaya Tani, Sopirin mengaku, petani dikelompoknya merasa senang karena bantuan bibit bawang merah yang diberikan bisa tumbuh dengan baik dan mampu meringankan biaya pembelian bibit. Saat ini tanaman bawang merah Bima Brebes bantuan dari Dinas Pertanian memasuki usia 25-40 hari setelah tanam dan dalam kondisi baik pertumbuhannya.

 

“Tidak lama lagi petani akan memasuki masa panen. Kami berharap tahun berikutnya kami mendapatkan bantuan bibit bawang merah lagi. Karena hasilnnya bagus dan meringankan biaya kami,” katanya.

 

Sementara itu, Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Sukardi, melalui Kepala Seksi Produksi dan Hortikultura, Slamet Edy Riyanto mengatakan, pihaknya selalu memberikan bantuan bibit bawang merah tiap tahunnya kepada kelompok tani yang berbadan hukum secara bergantian. Syaratnya sangat mudah, mengajukan permohonan bantuan dan lolos verifikasi. “Kami berikan tidak cuma-cuma, melainkan harus ada pengajuan permohonannya dulu,” tegasnya.

 

Dengan bantuan bibit bawang merah ini, Slamet berharap dapat membangun kembali semangat petani bawang merah di Pemalang mau menanam bawang merah. Dengan demikian pemenuhan bawang merah nasional tidak hanya dari Brebes, melainkan Pemalang dapat ikut berkontribusi untuk stok nasional. “Tak hanya itu, kesejahteraan petani bawang merah di Pemalang pun dapat meningkat,” katanya. Agus D.S,(PP Pemalang)/Cla

 

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162