Loading...

Tingkatkan Skill Peracik Herbal, Balittro Latih Pengolahan

11:35 WIB | Saturday, 07-July-2018 | Inovasi Teknologi | Penulis : Kontributor

Minuman herbal dari tanaman rempah-obat menjadi bagian gaya hidup masa kini. Karenanya, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) melatih pelaku usaha guna meningkatkan skill dalam meracik beragam tanaman rempah-obat.

 

Pelatihan yang digelar pada tanggal 4-6 Juli 2018 ini melatih 5 orang peserta yang berasal dari Klaster Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Dr. Wiratno dan didampingi Narasumber Ir. Sofiana Bagem Sembiring. 

 

Selaku Ketua rombongan peserta pendampingan dari Kantor Bank Indonesia Provinsi Banten, Drs. Abdallah Irham, MPd menuturkan kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi sumber daya manusia klaster binaan Bank Indonesia khususnya teknik meracik jamu, makanan dan minuman sehat dari tanaman rempah dan obat.

 

 

Kepala Balittro Dr. Wiratno sangat berapresiasi karena diberikan kepercayaan untuk membimbing para petani binaan Bank Indonesia Provinsi Banten. "Yang utama perlu diperhatikan dalam meracik jamu adalah kualitas harus stabil agar tidak merubah tekstur atau rasa," tutur Wiratno.

 

Adapun materi dalam pelatihan kali ini adalah pembuatan permen jahe, permen kencur, Pembuatan Instan Temulawak, Instan Pegagan, Demo  Penyulingan Minyak atsiri Jahe dan diakhiri kunjungan lapang ke Unit Perbenihan sumber Benih, Griya Jamu serta Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat. (balittro)

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162