Loading...

Transparan dan Akuntabel, BBPascapanen Raih Treasury Award Tingkat Jabar

12:51 WIB | Monday, 21-May-2018 | Nusantara | Penulis : Gesha

Menjadi sebuah lembaga pelayanan publik sekaligus pengelola anggaran negara yang amanah bukanlah suatu langkah yang mudah. Namun, Balai Besar Pascapanen Pertanian (BBPascapanen) ternyata berhasil mengelola pagu anggaran dengan transparan dan akuntabel. Bahkan diapresiasi dengan meraih Treasury Award Tingkat Jawa Barat.

 

Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian, Kementerian Pertanian meraih penghargaan terbaik ketiga Treasury Award atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2017 lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat untuk Kategori Satker dengan Pagu Besar atau Satker yang mengelola anggaran di atas Rp15 miliar. Ini merupakan penghargaan Treasury Award pertama yang diterima oleh Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian.

 

Sementara peringkat pertama diraih oleh Polres Bandung, peringkat kedua Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna LIPI Subang, peringkat keempat Balai Penelitian Tanaman Hias Segunung, dan peringkat kelima Denma Korpaskhas Bandung.

 

Penganugerahan Treasury Award yang dibuka oleh Plh. Gubernur Jawa Barat, Iwa Karniwa dan Sekretaris Direktur Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, Heryana dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 18 Mei 2018 bertempat di Aula Ir. Soekarno, Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Provinsi Jawa Barat. Pada acara tersebut hadir perwakilan Bupati/Walikota, Kapolda Jawa Barat, para Pimpinan Satker, para Kepala Desa, dan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) se-Jawa Barat.

 

Tujuan penganugerahan Treasury Award yaitu untuk mendorong percepatan perwujudan good governance pada lembaga pelayanan publik penerima dana APBN di Jawa Barat serta sebagai apresiasi kepada Satker yang telah mengelola keuangan negara dengan cukup baik. Treasury Award juga diberikan kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa penerima dana APBN serta Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang telah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pemangku kepentingan.

 

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Yuniar Yanuar Rasyid mengungkapkan bahwa penilaian kinerja pelaksanaan anggaran dilakukan dengan menggunakan 12 kriteria penilaian yang dikembangkan. Hal ini untuk mengubah paradigma bahwa tingkat penyerapan anggaran merupakan satu-satunya indikator penentu keberhasilan pelaksanaan anggaran. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Provinsi Jawa Barat bertekad mengambil peran penting dalam mendorong peningkatan kualitas pengelolaan keuangan pemerintah dan pencapaian manfaat sebesar-besarnya dana APBN bagi masyarakat, khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat.

 

Sementara itu, Kepala Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian, Risfaheri berharap ke depan Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian mampu mempertahankan prestasi yang telah dicapai dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dengan lebih baik lagi sehingga efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.(gsh)

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162