Loading...

Tren Ekspor Produk Pertanian Asal Lampung Meningkat

13:28 WIB | Thursday, 26-April-2018 | Non Komoditi, Karantina | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian, Banun Harpini menyebutkan, layanan karantina untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk pertanian agar dapat diterima negara tujuan ekspor terus meningkat, khususnya di Karantina Lampung.

 

“Dari tahun ke tahun, ekspor baik produk segar tumbuhan maupun hewan menunjukkan angka peningkatan,” kata Banun di sela acara ekspor perdana Pisang Mas Tanggamus ke Cina, Selasa (24/4) di Lampung.

 

Produk hewan berupa bat guano atau kotoran kelelawar, menurut Banun sangat diminati Cina dan AS dengan volume ekspor meningkat dari 18 ton di tahun 2015 menjadi masing-masing 36 ton di tahun 2016 dan 2017. Bat guano mengandung unsur hara yang tinggi sehingga sangat baik untuk dijadikan pupuk.

 

Sementara untuk tumbuhan, terdapat 68 jenis produk pertanian dengan komoditas Palm Kernel Meal merupakan komoditas ekspor terbesar, disusul kopi biji, tetes tebu, RBD Palm stearin, nanas irisan, karet lempengan, sirup nanas, kelapa bulat dan buah pisang.

 

Adapun negara tujuan ekspornya mencapai 78 negara. Mulai dari Amerika Serikat, Selandia Baru, Uzbekistan hingga negara-negara di Timur Tengah.

 

Banun menyampaikan, jajarannya terus meningkatkan kerja sama dengan negara-negara tujuan ekspor khususnya dalam harmonisasi peraturan perkarantinaan. Sebagai tools trade, peraturan SPS (sanitary and phytosanitary) menjadi tools perdagangan yang strategis dalam era non-tarif barries, kebijakan tanpa tarif. Indonesia dapat turut ambil bagian dalam kancah perdagangan produk pertanian global sepanjang mematuhi aturan perkarantinaan di negara tujuan ekspor.

 

Sementara, untuk pendampingan pelaku ekspor produk pertanian, Badan Karantina Pertanian melakukan terobosan berupa layanan karantina elektronik, layanan inline inspection dan fasilitasi ekspor produk pertanian. Tia/Ira

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162