Loading...

Varietas Unggul dan Olahan Terkini Sorgum

15:09 WIB | Friday, 19-May-2017 | Inovasi Teknologi, Teknologi | Penulis : Kontributor

Kepala Balitbangtan, M. Syakir sangat optimis bioindustri sorgum di Larantuka akan men­jadi sentra sorgum pertama di Indo­nesia dengan hasil mem­bang­kitkan perekonomian masya­rakat, menyediakan pangan dan meningkatkan kesehatan masya­rakat.

 

Untuk menjawab itu, seluruh rantai produksi pertanian hingga pasca panen harus berjalan mulus berbasiskan inovasi teknologi. Pada aspek budidaya, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Kapuslitbangtan), Andriko Noto Susanto yakin dalam waktu dekat ini akan segera diproses pelepasan lima varietas unggul  lokal dan perbaikan sistem budi­daya dengan sistem ratun. “kita sedang mengoptimalkan system 1 kali tanam 3 kali panen dengan memanfaatkan ratun” ujar Andriko.

 

Untuk memperjelas keterang­an Kapuslitan itu, Peneliti dari Balit­serealia, Maros, Macia Buanga Pabendon menjelaskan, di Larantuka ini sangat potensial sebagai area pengembangan sorgum. Tanaman ini ditanam tanpa dipupuk dan tumbuh maksi­mal, ditunjang lagi sinar matahari yang penuh sepanjang hari yang mendorong proses fotosintesisa sorgum maksimum, sehingga efisien dalam meng­hasilkan biji dan gula di dalam batang.

 

Varietas Unggul nasional, Numbuh yang sudah digunakan oleh petani mampu menunjukkan pertumbuhan terbaik di daerah ini. Varietas ini mampu menghasilkan rendeman gula cair berkisar antara 30-60 persen.

 

Untuk mendukung itu, ber­bagai inovasi akan diterapkan di kawasan itu, diantarannya adalah dengan menggunakan pupuk cair yang cocok untuk lahan berbatu.

 

Gula Cair

 

Pada aspek produk olahan, Kepala BB Pasca Panen, Risfaheri menjelaskan, produk olahan yang akan menjadi prioritas  adalah tepung dan gula cair sorgum. Teknologi yang akan diterapkan akan mampu meningkatkan rendeman gula cair dan memenuhi standar kualitas perdagangan.

 

Produk olahan yang sudah diterapkan disana adalah berasan pratanak sorgum, tepung sorgum. Produk ini bisa digunakan pada saat tidak ada panen sorgum. Daya simpan produk ini bisa mencapai 2 tahun. Lis

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162