Loading...

Waspadai Bahaya Benih Cabai Tiongkok

11:01 WIB | Tuesday, 03-January-2017 | Komoditi, Hortikultura | Penulis : Kontributor

Terungkapnya benih cabai ilegal mengandung bakteri Erwinia chrysanthemi yang ditanam warga Tiongkok di Kota Hujan, Bogor membuka mata semua pihak. Paling tidak palang pintu dalam pengawasan penggunaan benih cabai, termasuk ijin impor benih agar diperketat.

 

Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini mengungkapkan, bakteri tersebut tergolong OPT (organisme pengganggu tumbuhan) Karantina Kelas I (OPTK 1). Meski tidak berbahaya bagi manusia, tapi sangat berbahaya bagi tumbuhan dari family Solanaceae. Lebih bahayanya lagi, bakteria tersebut bisa menular ke tanaman aneka bawang, kentang dan sawi.

 

Kerugian yang bisa diderita Indonesia jika bakteri tersebut sempat menular adalah kegagalan produksi yang mencapai 70% atau bahkan lebih. Sampai kini Badan Karantina Pertanian (Barantan) masih melakukan pemutakhiran data mengenai wilayah sebar E. chrysanthemi.

 

Dirjen Hortikultura, Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono menegaskan, untuk mencegah penanaman benih cabai yang mengandung bakteri berbahaya, pihaknya melakukan sosialisasi ke petani di Kabupaten Bogor dan wilayah sentra cabai lainnya.

 

Dirjen Hortikultura menjalin kerjasama dengan Kepala Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk lebih memantau produsen benih. Bahkan pihaknya berjanji lebih selektif memberikan rekomendasi pemasukan benih cabai, terutama orang asing.

 

“Kita akan menerjunkan Pengawas Benih Tanaman untuk memperketat peredaran benih hortikultura terutama cabai. Pengawas ini akan bekerjasama dengan petugas pengendali organisme pengganggu tanaman (POPT),” tegasnya.

 

Bahaya Permanen

 

Kepala Klinik Tanaman Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB), Widodo menuturkan, bakteri tersebut bisa menyerang pertumbuhan tanaman, baik yang masih muda maupun sudah tua. Berbahayanya lagi, bakteri tersebut menyerang jaringan dan berlangsung dengan sangat cepat.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162