Loading...

Widyaiswara Bersertifikat Kian Jadi Tuntutan

16:18 WIB | Thursday, 12-October-2017 | Nusantara | Penulis : Gesha

Persaingan sumberdaya manusia khususnya di bidang pertanian kini semakin jelas terlihat. Karenanya, perlu ada sertifikasi khusus bagi para dosen, widyaiswara hingga penyuluh agar dipandang cakap di dunia internasional.

 

"Keterampilan dan kemampuan dari SDM harus terus dipupuk dan dipelihara bahkan ditingkatkan. Kalau untuk widyaiswara, sampai memiliki sertifikasi profesi kaliber internasional," kata Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Surachman Suwardi saat Workshop Peningkatan Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri Bidang Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, di Bogor Rabu (11/10).

 

Dalam sistem penyelenggaraan kegiatan pelatihan, Widyaiswara merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan karena perannya sebagai fasilitator, motivator sekaligus mitra peserta pelatihan dalam proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas. 

 

Dengan demikian, dibutuhkan Widyaiswara yang bukan hanya memenuhi standar kompetensi substantif terkait dengan mata pelatihan yang diampu, lebih dari itu widyaiswara juga harus memiliki kompetensi yang lain, yakni kompetensi pengelolaan pembelajaran, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial

 

Menuju ke arah sana, Badan PPSDMP sedang membangun skema sertifikasi standar luar negeri dan sertifikasi yang sering dipakai oleh dunia internasional adalah standar Australia (ICA).

 

"Sehingga saat kita menginginkan kerja sama ketenagaan, kita (penyuluh, pelatihan atau mahasiswa didik) diakui kecakapannya di ASEAN, maka widyaiswara kita harus tersertifikasi," urainya. 

 

Diakui Surachman, selama ini sertifikasi profesi diarahkan pada sertifikasi jabatan. Tetapi, ke depannya sertifikasi profesi diarahkan pada keahlian teknis. Sehingga, widyaiswara bisa memiliki 1 atau 2 sertifikat keahlian sekaligus. ”Tak hanya itu, widyaiswara perlu lebih meningkatkan kompetensi menulis sebagai sebuah segmentasi untuk perolehan point dan koin,” tegasnya. Gsh/Ira 

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162