Loading...

Wiknyo, Tak Ada Kata Pensiun sebagai Penyuluh

14:18 WIB | Friday, 18-November-2016 | Mimbar Penyuluhan | Penulis : Kontributor

Usianya sudah memasuki 62 tahun, rambut dan kumisnya sudah mulai memutih, namun fisik laki-laki ini masih terlihat fit dan segar. Begitu juga semangatnya yang masih tinggi.

 

Sosok laki-laki ini selama ini dikenal sebagai seorang penyuluh pertanian di Dataran Tinggi Gayo Aceh Tengah. Meski secara administratif sudah memasuki masa pensiun sejak tahun 2011, tapi sampai sekarang dia masih eksis menjalankan fungsi ke penyuluhan.

 

Mungkin karena menjadi penyuluh pertanian itu sudah menjadi bagian dari jiwanya, dia masih terus berkiprah di bidang pertanian. Utamanya memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada petani di daerahnya. Itulah sosok Wiknyo, laki-laki kelahiran Takengon, 16 Nopember 1954 ini sudah menggeluti profesi sebagai penyuluh pertanian sejak tahun 1980.

 

Sebagai seorang penyuluh, Wiknyo sangat dikenal hampir semua petani di Dataran Tinggi Gayo. Karena sosok penyuluh ini memang dikenal dekat dan mampu menyatu dengan petani. Meski hanya sempat mengenyam pendidikan sampai tingkat SLTA, namun penyuluh senior ini banyak makan asam garam (kaya pengalaman). Karena itu, semua ilmu dan teknis pertanian hampir semua dikuasai.

 

Baginya pensiun dari pegawai negeri bukanlah akhir kiprahnya sebagai penyuluh. Laki-laki ini juga masih terlihat rajin “blusukan” keluar masuk kampung memberikan pencerahan dan motivasi kepada petani layaknya penyuluh yang masih aktif. Baginya tak ada kata pensiun bagi seorang penyuluh. Jadi selama tenaga dan pemikirannya masih diperlukan petani, dia akan selalu siap untuk memberikan pelayanan penyuluhan kepada mereka.

 

Pengembangan Jeruk Keprok

 

Ada satu hal yang membuat penyuluh pertanian senior ini berbeda dengan penyuluh-penyuluh lainnya. Selain menguasai hampir semua komoditi pertanian, dia sangat intens terhadap salah satu komoditi pertanian unggulan di daerahnya yaitu Jeruk Keprok Gayo.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162