Loading...

Yuk Menanam Kenci

10:34 WIB | Wednesday, 07-December-2016 | Non Komoditi, Tips & Santai | Penulis : Kontributor

Banaran Kenci adalah salah satu dusun di Desa Pringapus di Lereng Gunung Sindoro bagian timur yang berada di wilayah Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Desa tersebut merupakan penghasil jenis sayuran langka bernama kenci.

 

Sangatlah mudah membudidayakan kenci yang juga disebut selada air. Tak perlu pupuk, pestisida, apalagi tenaga maupun biaya yang banyak. Cukup tersedia lahan, air mengalir cukup. Sebenarnya kenci dapat tumbuh di mana saja, baik dataran rendah maupun tinggi.

 

Untuk menghasilkan kenci yang berkualitas perlu syarat khusus. Misalnya, wilayahnya bersuhu antara 22-24°C dan berada pada ketinggian tertentu yaitu kisaran 1300 dpl. Selain itu dibutuhkan air mengalir yang cukup jernih dan tidak tercemar. Namun budidaya sayur kenci tidaklah perlu lahan yang luas. Untuk lahan sekitar 200 m2 sudah mampu menghasilkan Rp 400.000 dalam 30-35 hari.  Umur tanaman ini memang cukup pendek.

 

Untuk membudidayakan kenci dapat dilaksanakan dengan cara sebagai berikut. Siapkan lahan, gemburkan tanah dan ratakan agar seluruh permukaan tanah dapat tergenang air secara merata, kemudian biarkan selama sehari. Buanglah tanah gembur bagian atas agar tersisa tanah keras berpasir yang menjadi media tanam kenci dengan cara membesarkan saluran air untuk mempermudah melarutkan tanah  ke dalam aliran sungai.

 

Ratakan kembali lahan tersebut dan jangan sampai timbul gundukan. Sebab, bagian tersebut akan mengganggu perkembangan tanaman menjadikan tanaman kerdil, berwarna pucat juga dihinggapi apids (rengit). Pengolahan lahan ini dilakukan petani  cukup memerlukan sedikit  tenaga  dan  waktu cepat kisaran satu orang hari kerja.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162